Longsor di Pegunungan Pongkor, 2 Penambang Tewas

14 May 2019, 13:37 WIB
3 0 71
Gambar untuk Longsor di Pegunungan Pongkor, 2 Penambang Tewas
Oleh : Husnul Khatimah

NANGGUNG, AYOBOGOR.COM -- Tanah longsor terjadi di pegunungan Pongkor, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor akibatnya 2 orang penambang ditemukan tewas tertimbun dan 6 orang berhasil diselamatkan.

Kapolsek Nanggung, AKP Asep Saepudin mengatakan kejadian longsor baru diketahui pada Minggu (12/5/2019) malam namun evakuasi korban baru bisa dilakukan pada Senin (13/5/2019).

"Dengan pertimbangan cuaca yang tidak mendukung hujan deras dan di lokasi rawan terjadinya longsoran susulan, proses pencarian serta evakuasi tidak bisa dilaksanakan saat longsor terjadi," ujar Asep, Selasa (14/5/2019).

Asep menambahkan korban yang tertimbun merupakan pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang pada saat terjadi longsor tengah melakukan aktivitas mereka menambang emas.

Menurut Asep longsor disebabkan oleh hujan deras yang cukup lama dan kontur tanah yang labil di lokasi kejadian.

"Enam orang korban yang selamat dan 2 orang yang meninggal oleh tim gabungan evakuasi diserahkan kepada keluarganya. Sekitar jam 16.00 WIB, proses pencarian korban dihentikan, mengingat tidak ada lagi keluarga yang mencari korban," ujar Asep.

Sementara itu Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwonugroho awalnya menginfokan sebanyak 20 orang tertimbun dan 5 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia. Namun demikian Sutopo menginfokan kembali bahwa belum ada data pasti jumlah korban.

"Info dari Kapolsek Nanggung, korban sudah tidak ada lagi. Malam ini sudah tidak ada yang dicari, 2 meninggal dan 6 selamat. Namun demikian besok akan dipastikan lagi karena tidak ada data pasti jumlah korban. Penambang tidak terdata. Medan juga berat longsor juga berat," ujar Sutopo melalui akun twitter, Selasa (14/5/2019) dini hari.

  Komentar untuk Longsor di Pegunungan Pongkor, 2 Penambang Tewas

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!