Limbah Ikan dari Pasar Ciputat Jadi Pakan Ternak

28254 medium limbah ikan


Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan tertarik untuk mampu memanfaatkan limbah ikan dari Pasar Ciputat menjadi pakan ternak.
Ketertarikannya ini lantaran melihat selama ini limbah ikan yang jumlahnya sangat banyak setiap hari dari Pasar Ciputat terbuang percuma.
“Limbah ikan jika diolah dapat bermanfaat, salah satu contohnya menjadi pelet atau pakan ternak seperti ikan atau ternak ayam,” ujar Kabid Perindustrian Disperindag Kota Tangsel, Ferry Payacun.
Oleh karenanya, Disperindag memberikan pelatihan kepada warga sekitar pasar untuk mengolah limbah ikan agar lebih bernilai ekonomis dan bermanfaat.
Alhasil, saat ini peserta pelatihan sudah mampu mengusilkan pakan ternak berbahan limbah ikan. Sedikitnya per hari mampu menghasilkan satu kwintal pelet pakan ternak dari hasil olahan limbah ikan. Sedangkan pemasarannya saat ini masih terbatas dalam jaringan.
“Ini menjadi penghasilan tambahan warga sekitar pasar,” katanya. Semoga ke depan dapat menginspirasi yang lain, dan warga sekitar bisa lebih mandiri dan kreatif. Ayo share beragam info menarik lainnya di AtmaGo, warga bantu warga. (tangerangonline)

Sudah dilihat 57 kali

Komentar