Libatkan Warga untuk Kembangkan Wisata

24864 medium b rsz 8
BERGAS – Desa Munding kecamatan Bergas libatkan warga dalam mengelola potensi wisata yang ada di Desa. Oleh Pemerintah Desa, seluruh warga diajak untuk turut serta mengembangkan potensi sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

Kepala Desa Munding, Romdoniyatun atau yang akrab disapa Dany mengatakan, keterlibatan warga sangat penting mengingat pemerintah Desa tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari warga.

”Kami lakukan pembangunan sedikit demi sedikit. Kita coba bagaimana respon warga untuk ikut serta. Ternyata responnya bagus. Kemudian setelah ini kami akan bersama-sama mengembangkan potensi wisata yang ada di Munding untuk meningkatkan kesejahteraan warga,” jelas Dany kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dany menceritakan, di Desa Munding terdapat beberapa potensi wisata yang akan terus digali. Diantaranya ada air terjun Tirtowening dan Tirtowati. Selain itu, ada juga gumuk kembar di Dusun Cemanggal yang ke depan akan dijadikan sebagai spot selfie dan camping ground dengan pemandangannya yang sangat bagus.

”Ini sudah ada masterplannya. Nanti tinggal kita kembangkan lagi ke depannya,” ujar Dany yang memang memiliki misi membangun desa Wisata di Desa Munding kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.
Dirinya berharap melalui desa wisata ini selain bisa mengajak bersama-sama menggali potensi alam juga untuk meningkatkan kesejahteran warga. Desa Wisata ini diharapkan mampu memberikan dampak yang luas pada peningkatan perekonomian warga Desa.

”Yang sudah-sudah ya para petani bisa menjual hasil pertaniannya kepada wisatawan. Di sini kebanyakan adalah petani onclang. Petani bisa menjual dengan menawarkan kepada pembelinya memetik sendiri sayuran yang masih segar. Masih banyak lagi dampak ekonominya,” ujar kepala desa yang berhasil membawa Desa Munding menjadi pilot project Desa Sadar Ketenagakerjaan bersama bebarapa desa lainnya di kabupaten Semarang ini. (cr4/bas)

Sumber :
http://radarsemarang.com/2017/10/29/libatkan-warga-untuk-kembangkan-wisata/
Sudah dilihat 46 kali

Komentar