Lebak Menuju Kabupaten Layak Anak

64663 medium c

Bupati Lebak Iti Octavia Jaya Baya, meminta para orang tua tidak hanya mengasihi anak. Namun juga mendidik. Menurutnya hal itu wajib dilakukan. Itu sisampaikan Iti saat menghadiri verifikasi dan evaluasi kabupaten layak anak (KLA) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan RI Tahun 2019 di Aula Multatuli Setda Lebak, Selasa, 25 Juni 2019.
Menurutnya, anak-anak mempunyai hak jaminan dan perlindungan sebagaimana perintah UU No.35 Tahun 2014, Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak nomor 11 Tahun 2011 tentang kebijakan pengembangan kabupaten layak anak dan perda nomor 8 Tahun 2013 tentang perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan.
Dikatakan Iti, upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Lebak sebagai kota layak anak terus dilakukan demi terwujudnya kabupaten layak anak.

Menurutnya, faktor yang menentukan kabupaten layak anak yakni semakin berkembangnya peran serta masyarakat, dunia usaha, terlebih peran keluarga dalam memenuhi hak anak, melindungi, serta menjauhkan dari hal-hal yang menyebabkan anak menjadi korban tindak kekerasan, bahkan gagal tumbuh dan berkembang (stunting).


Sementara itu Ketua Tim Penilai Kabupaten layak anak untuk verifikasi lapangan Ahmad Marzuki mengatakan, Kabupaten Lebak menjadi salah satu wilayah yang melakukan berbagai tahap penilaian Kabupaten Layak Anak.
Ahmad Marzuki menjelaskan, dari 3 tahap penilaian kabupaten layak anak. Diantaranya penilaian secara mandiri, verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan.

Sudah dilihat 36 kali

Komentar