Launching Posko Pemantauan Bantuan Sosial Covid-19 dan Alkes Kesehatan PATTIRO

17 June 2020, 16:16 WIB
1 0 81
Realokasi anggaran untuk penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) diantaranya difokuskan untuk belanja sektor kesehatan dan pemberian Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada warga yang rentan terkena resiko sosial dan dampak Covid-19. Pada 31 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dari Rp 405,1 triliun APBN. Rp 75 triliun (18,5%) disebut untuk belanja alat kesehatan dan Rp 110 triliun (27%) untuk JPS. Anggaran ini belum termasuk realokasi anggaran daerah, dana desa yang berasal dari APBN, dan anggaran tiap kementerian/ lembaga yang juga memberikan JPS kepada warga.

Meski mendesak dibutuhkan dan dilakukan di tengah keadaan darurat, distribusi JPS dan belanja alat kesehatan semestinya tak mengabaikan prinsip transparansi dan akuntabilitas serta memerlukan pengawasan. Hal itu disebabkan rentannya anggaran
disalahgunakan atau bahkan dikorupsi. Terlebih lagi di kondisi darurat, pengadaan terkait Covid-19 dilakukan lebih “fleksibel” sebagaimana diatur dalam Peraturan LKPP No. 13 tahun 2018 dan Instruksi Presiden No. 4 tahun 2020.

Kerentanan korupsi JPS dan belanja alat kesehatan dapat terkonfrimasi pada data korupsi berkaitan dua sektor tersebut selama ini. Sepanjang 2010-2019, terdapat sedikitnya 281 kasus korupsi di sektor kesehatan dan 44% diantaranya terkait pengadaan alat kesehatan (ICW, 2020). Hasil kajian KPK mengenai bantuan sosial pada 2011 dan hasil pemeriksaan BPK selama ini, terakhir penyaluran bantuan sosial 2018 hingga semester III 2019, menunjukkan rentannya bantuan sosial disalurkan tidak tepat sasaran hingga memboroskan keuangan negara (BPK, 2020). Kini Potensi penyimpangan anggaran Covid19 mulai nampak diberbagai daerah di Indonesia.
Khusus di Provinsi Jawa Tengah dugaan ketidaksesuaian penyaluran JPS dan belanja alat kesehatan di tengah pandemic Covid-19 dua bulan ini bermunculan di Media. Data sementara dari Posko Pengaduan menunjukkan ada 4 masalah utama dalam distribusi JPS :
1) Potensi Penyalahgunaan, 2) Pendataan, 3) Keterbukaan Informasi 4) Pengawasan. Dalam permasalahan potensi penyalahgunaan muncul persoalan keterlambatan pemberian,
pemberian doubel. Dipersoalan pendataan muncul masalah tidak updatenya data yang menyebabkan ketidaktepatan sasaran. Terkait dengan keterbukaan informasi dan akuntabilitas, minimnya informasi terkait dengan data seputar penggunaan anggaran Covid-19 termasuk diantaranya terbatasnya informasi pengadaan barang dan jasa tentunya menjadi Potret bahwa prinsip transparansi dan akuntabilitas belum benar-benar dijalankan.
Sedangkan dalam pengawasan, kurang efektifnya kanal pengaduan sebagai wadah masyarakat untuk menyampaikan aspirasi.

Padahal sebenarnya dengan ini bisa sebagai perbaikan kebijakan dalam distribusi JPS. Hingga saat ini daerah yang menjadi sorotan dalam berjumlah ... Kab/kota. Terdata permasalahan tersebut muncul di Kabupaten Tegal, Semarang, Pemalang, Cilacap, Wonogiri, Klaten.

  Komentar untuk Launching Posko Pemantauan Bantuan Sosial Covid-19 dan Alkes Kesehatan PATTIRO

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Tetangga suplai logistik warga isolasi mandiri di Kepatihan

    Deni Suryanti  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. "Gerakan Serentak Penegakan Protokol Covid-19" di Jalan Tamansiswa, Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Sebagian Kain Menghasilkan Mikroplastik Ketika Dicuci

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  18 Oct 2020