Lalampa Kuliner Andalan Toboli

6 April 2019, 11:18
2 0 111
Gambar untuk Lalampa Kuliner Andalan Toboli
Jika melewati jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong maka saat memasuki desa Toboli, Kecamatan Parigi Utara, para pengemudi akan di suguhkan dengan deretan warung makan dan warung kopi. Tiap-tiap warung menyuguhkan berbagai jenis jajanan kripik maupun roti. Namun satu hal yang istimewa dari deret-deret warung kawasan ini adalah menu wajibnya yang bernama lalampa.
Lalampa bagi masyarakat Sulawesi Tengah bukanlah makanan yang asing sebab hampir setiap daerah bisa dijumpai jajanan jenis ini.
Meski demikian, jajanan yang satu ini lebih dikenal sebagai jajanan khas Toboli.
Bagi kebanyakan pengendara yang melintas di daerah Toboli, rasanya tidak afdhol jika tidak memanjakan lidah dengan Lalampa.
Kue yang terbuat dari perpaduan ketan, santan dan abon ikan ini pengerjaannya tidak memakan waktu yang lama. Tidak lebih dari 2 jam, kue yang dibungkus daun pisang ini siap untuk naik ke panggangan.
Sisi istimewa lainnya dari Lalampa Toboli adalah isiannya. Ikan isian lalampa diperoleh dari hasil tangkapan nelayan setempat. Ini menjadikan nelayan kawasan Toboli terbantu untuk kepastian pasar untuk hasil tangkapannya.
Rahma, salah satu pemilik warung mengatakan bahwa lalampa di warungnya terbilang cukup laris, rata-rata dalam sehari sekitar 60-150 buah yang bisa terjual. Saat dikonfirmasi tentang motivasi kenapa tetap semangat berjualan padahal hampir semua warung juga menyuguhkan jajanan yang sama, Rahma menyebutkan bahwa ini adalah bagian dari upaya membumikan jajanan khas Toboli.
"Kita mau Toboli ini menjadi surga Lalampa dan agar masyarakat dari daerah manapun yang melintas kawasan ini mengenal kue khas daerah ini," pungkasnya.
Bagi pengendara yang melintas tengah malam ataupun subuh, tak perlu khawatir kehabisan stok kue andalan ini sebab rata-rata menyediakannya 1x24 jam.

  Komentar untuk Lalampa Kuliner Andalan Toboli

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!