LAKPESDAM SUMENEP BERSAMA CSO MITRA MENGINISIASI PEMBENTUKAN “FORUM MASYARAKAT MADANI SUMENEP”

21 September 2020, 09:12 WIB
1 0 80
Gambar untuk LAKPESDAM SUMENEP BERSAMA CSO MITRA MENGINISIASI PEMBENTUKAN “FORUM MASYARAKAT MADANI SUMENEP”
Sumenep – Minggu, 20 September 2020, Lakpesdam NU Sumenep berhasil menyelenggarakan Halaqoh Inisiasi Pembentukan Simpul Belajar MADANI. Kegiatan yang berlangsung di Kantor PCNU Sumenep ini adalah tindak lanjut pertemuan Diseminasi MADANI dan Diskusi Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif di Kantor Dinas PMD Sumenep 1 September 2020 lalu.
Dalam kegiatan yang dihadiri kalangan CSO, Lembaga dan Banom NU Sumenep tersebut, Direktur Lakpesdam (Ahmad Saheri) menyampaikan; “Kami sudah berupaya melibatkan lembaga-lembaga yang dianggap memiliki kegiatan relevan atau berkomitmen dengan harapan kekompakan antar lembaga menuju visi bersama terbangun”. Ahmad juga menegaskan isu transparansi dana desa di Sumenep sangat penting, kemudian menjelaskan sekilas tentang halaqoh dan tujuannya. Proses dilanjutkan paparan peran CSO dalam pembanguan daerah, dan Simpul Belajar MADANI secara konseptual, prinsip dan pendekatan oleh FC MADANI. Paparan ini menekankan simpul belajar sebagai wadah untuk memahami isu tematik, penguatan kapasitas, advokasi akuntabilitas dan toleransi. Seluruh anggota akan saling melengkapi dengan prinsip; “Guru adalah Murid dan Murid adalah Guru”, dan slogan “Belajar Bersama dan Aksi Bersama”.
Pertemuan yang diinisiasi kalangan CSO tersebut berhasil menyepakati pembentukan simpul belajar dengan nama “Forum Masyarakat MADANI Sumenep”. Forum ini akan menjadi simpul belajar untuk membangun kapasitas, legitimasi, dan keberlanjutan OMS, serta alternatif cara menangani isu keberlanjutan dan dampak pembangunan melalui peningkatan kapasitas OMS dan membangun relasi baru.
Keanggotaan forum bersifat inklusif, dari CSO Mitra yang berkomitmen dan memiliki kegiatan relevan, Perguruan Tinggi, Organisasi Pemuda, Lembaga dan Banom NU Sumenep. Sementara keanggotaannya: Lakpesdam Sumenep, PSGA, KNTI, KPI, PWRI, SCW, LPM STKIP PGRI, LPM Universitas Wiraraja, Lazisnu, PC Muslimat dan IPNU. Koordinator forum dari Lakpesdam NU Sumenep (Ferly Agus Saputra), mengingat organisasi ini sebagai Lead Partner MADANI. Nilai dasar yang diusung, antara lain: demokratis, partisipatif, bekerjasama, tranparan, akuntabel, dan keberpihakan pada masyarakat miskin, perempuan dan kelompok marginal. Aturan main untuk menunjang efektifitas: pertemuan bulanan di Kantor Lakpesdam Sumenep, peserta mengkonfirmasi kehadiran, agenda dan RTL, konsistensi, kolaboratif, dan membuat WA Group.
Dalam kiprah selanjutnya, Forum Masyarakat MADANI Sumenep akan berkoodinasi dengan Pemda, Dinas dan private sektor. Terkait isu tematik transparansi dana desa, Bappeda, Dinas PMD, dan Kesbangpol akan menjadi mitra strategis. Agenda prioritas selanjutnya adalah Halaqoh Bersama CSO dan Pemda dalam rangka launching forum, visioning dan rencana aksi. Pengembangan kegiatan sesuai kondisi lokal, dari hasil studi/kajian dengan pendekatan specific, measurable, achievable, relevan, dan timebound (Kholid/Lakpesdam Sumenep).

  Komentar untuk LAKPESDAM SUMENEP BERSAMA CSO MITRA MENGINISIASI PEMBENTUKAN “FORUM MASYARAKAT MADANI SUMENEP”

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Tetangga suplai logistik warga isolasi mandiri di Kepatihan

    Deni Suryanti  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Sebagian Kain Menghasilkan Mikroplastik Ketika Dicuci

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  18 Oct 2020