Lagi Program Kehamilan? Atau Mau Coba KB Kalender? Yuk Cari Tahu Masa Suburmu!

36061 medium post 44349 d8657bf9 603d 47e9 8887 605ed09c83aa 2018 10 17t09 52 29.732 07 00
Assalamualaikum, Selamat hari rabu Atmaguys! Di rabu yang tidak kelabu ini, saya akan membagikan beberapa cara mengetahui kalau Atmagirls sedang dalam masa subur nih. Eits, jangan dianggap remeh loh, perihal masa subur ini tidak hanya mempengaruhi sel telur kita saja, tapi jg hormon bahkan sampai mood dan gairah kita juga loh!
Masa subur wanita terjadi ketika sel telur dilepaskan dari indung telur, sehingga siap dibuahi oleh sperma agar pembuahan berhasil. Sedangkan di masa tidak subur wanita, peluang kehamilan lebih kecil.
Selain merencanakan kehamilan, mengenali ciri masa subur juga dapat dimanfaatkan untuk memahami siklus menstruasi dan memerhatikan ada tidaknya tanda-tanda khusus yang terjadi saat menjelang menstruasi.
Bagaimana cara menghitung masa subur wanita agar ibu hamil?
Masa subur wanita umumnya terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum menstruasi. Untuk menghitung masa subur, Anda harus mengetahui dulu waktu-waktu kapan terjadi menstruasi. Buat dan catat pada kalender menstruasi untuk mengetahui masa perkiraan dan menghitung masa subur.
Rata-rata masa subur wanita berlangsung pada hari ke-10 sampai ke-17 , dihitung setelah hari pertama menstruasi. Namun, ini berlaku kalau siklus menstruasi Anda berlangsung selama 28 hari. Pasalnya, ada beberapa wanita yang mengalami siklus menstruasi mulai dari 28 hari sekali atau bahkan sampai 35 hari sekali.
Perlu dicatat dan diperhatikan, Atmagirls harus menghitung masa subur, masa ini biasanya terjadi pada empat sampai lima hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur). Bahkan masa subur juga bisa berlangsung satu hari sebelum atau saat ovulasi berlangsung. Jangka waktu sekitar 1 minggu lebih tersebut merupakan masa-masa paling subur pada wanita.
Nah, selanjutnya nih gimana sih ciri ciri kalau Atmagirls sedang dalam masa subur?
1. Lendir Serviks Mirip Putih Telur
Ciri-ciri masa subur wanita yang pertama ditandai dengan adanya cairan atau lendir serviks transparan yang menyerupai putih telur. Eits, tapi jangan sampai Atmagirls salah menafsirkannya ya, karena cairan ini bukanlah keputihan, melainkan cairan yang justru akan membantu memudahkan sel benih pria untuk bergerak di dalam rahim.
2. Banjir’ di organ kewanitaan
Ketika sedang berada pada masa ovulasi, lendir serviks wanita tidak hanya menjadi lebih jernih, cair dan elastis saja, volumenya pun akan semakin melimpah. Untuk sebagian wanita yang kebingungan dan hanya sekedar menebak-nebak untuk mengetahui apakah lendir serviksnya itu menjadi salah satu tanda kesuburan atau bukan. Cobalah rasakan dan amati, apakah di sepanjang hari Atmagirls cenderung merasa becek atau lebih basah di bagian kewanitaan.
3. Nyeri Payudara
Atmagirls termasuk salah satu wanita yang merasa payudaranya sakit beberapa saat setelah siklus haid usai? Jika ya, ini bisa jadi pertanda untuk mengetahui ciri-ciri masa subur. Nyeri payudara ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron sebagai tanda ovulasi. Mirip-mirip nyeri payudara ketika pramenstruasi. Meskipun tidak semua wanita merasakannya, namun bagi Anda yang mengalaminya inilah salah satu pertanda baik bahwa Atmagirls sedang berada di masa subur dan siap untuk hamil.
4. Meningkatnya Hasrat Bercinta
Jika Atmagirls merasakan hasrat bercinta yang tiba-tiba meningkat atau memuncak, seakan-akan ingin terus bersama pasangan, bisa jadi ini ciri-ciri masa subur. Meningkatnya ‘gairah’ ini menjadi sinyal alami tubuh sebagai pertanda bahwa ia siap bereproduksi.
5. Nyeri di Salah Satu Sisi Perut
Diperkirakan ada sekitar 20 persen wanita yang merasakan nyeri saat ovulasi atau disebut juga dengan mittelschmerz. Biasanya kondisi ini terjadi di pertengahan siklus haid dan dapat berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam. Penyebabnya bisa jadi karena folikel (sel telur) matang keluar atau pecah dari indung telur saat ovulasi, atau bisa juga karena tuba fallopi yang berkontraksi untuk mendorong telur masuk ke rahim.
6. Perut yang Terasa Kembung
Ciri-ciri masa subur lainnya ditandai dengan perut yang terasa kembung. Pada masa subur kemungkinan Atmagirls akan mengalami kondisi seperti ini akibat dari meningkatnya retensi air karena meningkatnya kadar hormon estrogen
7. Meningkatnya Suhu Basal Tubuh
Meningkatnya suhu basal tubuh merupakan ciri-ciri masa subur lainnya. Suhu basal tubuh adalah suhu terendah yang dicapai tubuh selama istirahat, yang diukur di pagi hari segera setelah bangun tidur sebelum beraktivitas. Dengan mengukur dan mencatat perubahan suhu basal tubuh, Atmagirls akan mengetahui apakah sedang berada pada masa subur atau tidak. Selain itu, biasanya juga diikuti oleh meningkatnya kepekaan panca Indra pada tubuh Atmagirls.
Nah sekarang sudah tau kan? Yuk cek 'kalender'mu dan atur sendiri jadwal keintiman kalian dengan pasangan. Well, be happy and spread the positiveness Atmaguys!
Sumber :
https://mediskus.com/wanita/12-ciri-ciri-masa-subur-pada-wanita-yang-bisa-diamati
https://www.alodokter.com/ciri-masa-subur-dapat-dikenali-dengan-cara-ini
https://hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/menghitung-masa-subur-wanita-ibu-hamil/
Sudah dilihat 38 kali

Komentar