Kurir Shabu Kelabui Petugas Bandara Soetta

11514 medium data


Setelah berhasil mengelabuhi petugas Bandara, saat di Security Check Point (SCP) 1 ketika akan memasuki terminal keberangkatan, akhirnya 7 orang kurir Shabu berhasil diamankan. Mereka kedapatan membawa 7 paket Shabu seberat 5.912 gram, di mana masing-masing pelaku membawa satu paket.

Modusnya adalah dengan menyelipkan paket tersebut di bagian selangkangan. Dengan begitu, mereka berhasil lolos dan mengelabuhi petugas dengan cara tidak membawa benda yang mengandung unsur logam sehingga alarm tidak berbunyi ketika melewati Security Check Point (SCP).

Modus para kurir tersebut terungkap setelah seorang penumpang kehilangan handphone-nya sehingga dilakukan pemeriksaan rekaman CCTV. Alhasil, handphone penumpang tersebut ternyata ada pada salah satu pelaku hingga dilakukan pemeriksaan lebih mendalam oleh petugas.

Untuk itu, petugas bandara Soetta memperketat pemeriksaan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah lolosnya para kurir narkoba yang kian hari makin beragam dalam melancarkan aksinya melalui Bandara Soetta.

Seperti yang dikatakan oleh Hastanto Yuli, manager Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta, kini pihaknya memperketat pemeriksaan ketika melintasi SCP. Salah satunya dengan melakukan random check (pemeriksaan secara acak) dan melakukan pemeriksaan (body search) secara manual.

“Memang prosedurnya jika alat SCP tidak berbunyi, maka tidak dilakukan pemeriksaan tubuh secara manual,” kata Hastanto kepada wartawan di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (29/3/2017).

Kendati demikian, pihaknya tidak ingin kecolongan lagi. Pemeriksaan terhadap penumpang saat akan memasuki area check in kembali diperketat.

“Kami sudah memperketat pemeriksaan terhadap penumpang yakni melakukan random check dan melakukan profiling terhadap penumpang yang kita curigai ketika memasuki area check in pada SCP 1,” jelasnya.

Semoga para petugas bandara mampu mengantisipasi dan selalu meningkatkan kewaspadaan dengan cara lebih memperketat lagi pemeriksaan dengan beragam model atau tahapan. Hal ini penting, mengingat semakin beragamnya modus pelaku penyelundupan narkoba via bandara.

Disarikan dari tangerangonline.id
Sudah dilihat 85 kali

Komentar