KRITERIA PASANGAN HIDUP

Header illustration
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
(رواه البخارى)
Artinya :
_Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi SAW, bersabda: "Wanita itu dinikahi karena empat perkara, yaitu karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah kerana agamanya, niscaya kamu akan beruntung."_ (HR Bukhari No: 4700)

*Pelajaran yang terdapat pada hadits di atas :*

1. Pernikahan adalah ibadah sakral yang dalam Al-Qur'an disebut dengan mitsaqan ghalidzan.
2. Pernikahan dan hidup berumah tangga tidak hanya pertemuan antara lelaki dan wanita tetapi lebih dari itu merupakan penyatuan dua keluarga besar untuk hidup dalam naungan ridha Allah SWT.
3. Pemilihan calon pendamping hidup baik wanita maupun pria seyogyanya di atas kriteria berikut ini:
a. karena hartanya, maksudnya dalam berkeluarga maisyah (penghidupan) tetap menempati urutan pokok karena kita masih hidup di dunia yang segalanya bisa didapatkan dengan mudah bila harta cukup.
b. karena keturunannya agar memperoleh generasi yang baik. Pepatah menyebutkan, "buah apel tidak akan jatuh jauh dari pohonnya."
c. karena kecantikannya atau ketampanannya, maksudnya bagaimana pun casing itu perlu, sebagai hiasan hidup.
d. karena agamanya, maksudnya disamping casing, program dan fitur tetap perlu bahkan lebih penting. Agama itulah program dan fitur bagi kehidupan yang diridhai Allah di dunia dan akhirat
4. Beruntunglah mereka yang mendapat pasangan hidup yang memenuhi keempat ciri tersebut termasuk suami juga isteri.
5. Memilih pasangan yang beragama adalah suatu keutamaan karena harta akan berkurang, kecantikan dan ketampanan akan memudar, namun agama tidak akan pudar dan lekang oleh waktu dan tempat. Agama itulah yang akan menjadikan kehidupan bahagia dan diridhai Allah dunia dan akhirat. Pilihlah karena Islam, InsyaAllah beruntung.

*Tema hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Qur'an :*

❀ Calon pendamping yang baik dan bagus agamanya akan menjadi barometer pergaulan yang akan kekal serta menjadi dasar kerukunan, keharmonisan, dan kemaslahatan hidup berumah tangga;

... فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ ...۞
_"Maka perempuan-perempuan yang shalehah, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka)."_ (QS. An-Nisa'/4: 34)

*والله اعلم بالصواب...*
Sudah dilihat 52 kali

Komentar