KR Bogor Jalin Kerja Sama Penelitian Bioprospeksi dengan Korea

20 March 2019, 14:47 WIB
1 0 31
Gambar untuk KR Bogor Jalin Kerja Sama Penelitian Bioprospeksi dengan Korea
Rencana penelitian bersama tentang pemanfaatan tumbuhan obat melatarbelakangi kunjungan delegasi Korea Research Institute of Bioscience and Biotechnology (KRIBB) ke Puslit Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya – LIPI, Rabu (13/3). Direktur Kerjasama Riset Internasional KRIBB, Dr. Sangho Choi menyatakan rencana kerja sama penelitian ini akan berlangsung selama 3 tahun yang bertujuan untuk menggali manfaat tanaman koleksi Kebun Raya Indonesia sebagai bahan obat-obatan. Dr. Sudarmono peneliti PKT Kebun Raya LIPI sekaligus sebagai kontak person kerjasama ini menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilakukan rangkaian diskusi dan survey keberadaan tanaman serta fasilitas penelitian baik di Kebun Raya Bogor, maupun di laboratorium KRIBB untuk menyusun draft technical collaboration agreement (TCA).

Pembahasan draft TCA yang dipimpin oleh Sancoyo Humas BKHH LIPI berlangsung singkat dan secara substansi tidak banyak mengalami perubahan. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke pembibitan, perpustakaan dan Kebun Raya Cibinong. Rombongan juga sempat melihat Rafflesia awetan di Gedung Konservasi KR Bogor, dimana spesimen tumbuhan langka itu pernah dipamerkan dan meraih penghargaan di International Horticulture Korea, Goyang City Korea Selatan tahun 2014 lalu.

Dr. Choi di sela-sela diskusinya setuju bahwa sampel yang akan diteliti merupakan tanaman koleksi Kebun Raya Indonesia dan Dr. Sudarmono bersedia untuk menyiapkan daftar tanaman koleksi dari setiap kebun raya yang dianggap memiliki potensi pengembangannya untuk manfaat obat-obatan. Diakhir kunjungan Dr.Choi berharap bahwa naskah kerjasama teknis ini dapat segera disempurnakan dan ditandatangani, sehingga program penelitian yang sudah disusun dan disepakati bersama dapat segera direalisasikan. (Avi-Humas).

  Komentar untuk KR Bogor Jalin Kerja Sama Penelitian Bioprospeksi dengan Korea

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!