Kota Bogor tak Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

52289 medium img20190201144506
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Mulai 1 Maret Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar di seluruh toko ritel dengan tujuan mengurangi sampah plastik. Kebijakan ini dipastikan tidak akan berlaku di Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan aturan kantong plastik berbayar tidak berlaku di Bogor sebab pihaknya konsisten dengan kebijakan yang telah dibuat Pemerintah Kota Bogor yakni pelarangan penyediaan kantong plastik di toko ritel.

"Wah kita kan sudah melangkah lebih dari sekedar berbayar, enggak akan dirubah," ujar Bima, Jumat (1/3/2019).

Menurut Bima kantong plastik berbayar tidak akan efektif mengurangi sampah plastik oleh sebab itu pihaknya tidak akan merubah larangan penyediaan kantong plastik di toko ritel.

"Berbayar itu enggak efektif, kita larang total, enggak boleh digunakan, jadi kita terus dengan Bogor tanpa kantong plastik," kata Bima.

Lebih lanjut Bima mengatakan bahwa pihaknya bahkan menargetkan untuk menerapkan aturan tanpa kantong plastik di pasar tradisional. "Kita pasang target akan melangkah kepada pasar tradisional secara bertahap, mulai tahun depan iya ke pasar tradidional saya minta pilih dulu pilot projectnya pasar apa," katanya.
Sudah dilihat 40 kali

Komentar