Kota Bogor Miliki Poliklinik Korpri

41268 medium klinik %283%29
Oleh Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Kota Bogor saat ini sudah memiliki Poliklinik Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia). Lokasinya berada di jalan Pajajaran Nomor 12 A. Sementara ini Poliklinik tersebut baru melayani pengobatan umum dan gigi.

Penanggung Jawab Poliklinik Yuniarto Budi Santosa menuturkan, dalam operasionalnya nanti Poliklinik ini akan dilayani beberapa petugas, 1 orang di bagian pendaftaran, 1 orang bagian administrasi, 2 dokter umum, 2 dokter gigi dan 4 orang perawat. Kemudian ada juga 1 orang analis di bagian laboratorium, 1 orang tenaga farmasi di bagian obat. Selain itu ada juga tenaga kebersihan dan keamanan.

Untuk waktu pelayanan Poliklinik sesuai arahan Ketua Dewan Pembina Korpri pelayanan akan dibagi menjadi dua shift, yakni pukul 08.00-12.00 WIB dan buka lagi pukul 16.00-18.00 WIB.

Yuniarto menambahkan, yang akan dilayani Poliklinik Korpri adalah semua anggota Korpri. Namun karena akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga akan masuk faskes (fasilitas kesehatan). Bagi anggota Korpri yang sudah pindah kepesertaannya di Poliklinik Korpri mereka bisa berobat secara gratis.

“Selain anggota Korpri, poliklinik juga melayani pasien umum yang belum mengikuti kepesertaan BPJS Kesehatan,” katanya seusai acara peresmian, Kamis (29/11/2018).

Poliklinik Korpri rencananya akan mulai beroperasi pada awal tahun 2019. Namun pihaknya menginginkan poliklinik ini bisa beroperasi secepatnya.

“Tadi kami koordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan dan mereka meminta kami secepatnya mengajukan permohonan. Jadi kalau bulan ini semuanya sudah selesai bisa saja poliklinik beroperasi di bulan Desember,” terang Yuniarto.

Kedepan, selain melayani pengobatan umum dan gigi, Poliklinik Korpri juga akan menambah pelayanan Hemodialisa dan Keluarga Berencana (KB).

Ketua Dewan Pembina Korpri Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengaku bangga atas peresmian Poliklinik Korpri. Poliklinik ini merupakan salah satu program prioritas Korpri Kota Bogor di bidang kesehatan.

Menurut Ade, pengurus Korpri melakukan semua ini untuk kepentingan kesehatan anggotanya. Jika anggota Korpri sehat maka mereka bisa bekerja lebih baik, solid dan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada pengelola yang juga bagian dari Korpri kami titip agar betul-betul dikelola dengan baik,” kata Ade.

Dia menekankan, Poliklinik harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dan harus terasa manfaatnya oleh anggota sekaligus tidak menutup kemungkinan ini akan menjadi usaha Korpri untuk mensejahterakan anggotanya. Tidak hanya sekedar memberi manfaat sehat tetapi juga memberi manfaat finansial kepada organisasi Korpri Kota Bogor.

"Poliklinik ini merupakan sebuah kado di hari ulang tahun Korpri yang ke-47. Mudah-mudahan kepengurusan Korpri tahun ini bisa mewujudkan dua janji berikutnya di tahun 2019. Pertama di bidang pendidikan dan kedua adalah tempat penitipan anak,” tuturnya.


Editor : Dadi Haryadi
Sudah dilihat 37 kali

Komentar