Kota Bogor Gelar Deklarasi Bersama Pemilu Damai

33366 medium bogor
BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM -- Jelang penyelenggaraan Pemilu 2019, Pemerintah Kota Bogor, Polresta Bogor Kota, TNI, KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat, dan partai politik menggelar deklarasi bersama Pilpres dan Pileg aman, damai, dan kondusif.

Deklarasi ini dilakukan di halaman markas Polresta Bogor Kota yang dirangkaikan dengan gelar pasukan operasi mantap Brata yang merupakan bagian dari kesiapan pasukan dalam pengamanan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg.

Kapolresta Bogor Kota, Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya mengatakan deklarasi bersama merupakan upaya menyamakan persepsi bahwa Pilpres dan Pileg di kota Hujan harus aman, kondusif, dan damai. "Harapannya, dengan adanya deklarasi bersama ini kita bisa menjaga pelaksanaan pilpres, rangkaian dari awal sampai pelantikan tetap aman dan kondusif," kata Ulung usai deklarasi, Rabu (20/9/2018).

Ulung menuturkan, berkaca dari penyelenggaraan Pilkada pada tahun 2018 yang berjalan aman dan kondusif, hendaknya Pilpres dan Pileg juga harus seperti demikian tanpa adanya gesekan dan konflik. Namun begitu, segenap elemen harus tetap mengupdate semua kegiatan, kasus-kasus, ataupun kerawanan yang ada, sehingga semua pihak bisa mengantisipasi hal-hal buruk sejak awal.

Menurut Ulung, selain konflik dalam pengamanan pesta demokrasi, pihaknya juga akan mengantisipasi adanya hoax dan hate speech yang bisa dengan mudah menyebar di media sosial. Jika nantinya saat pengamanan ditemukan adanya pelanggaran hukum, pihaknya akan menindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan deklarasi bersama juga berarti meneguhkan netralitas ASN, TNI, dan Polri dalam penyelenggaraan Pilpres dan Pileg. Bima meminta semua pihak ikut mengawal pemilu agar berlangsung damai.

"Bersama-sama dengan warga, tokoh masyarakat, tokoh agama partai politik, LSM, ormas dan semuanya karena ini hajat bersama harus dikawal bersama," kata Bima.

Editor : Rizma Riyandi
Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 19, 2018
Sudah dilihat 39 kali

Komentar