Kota Bogor Akan Perbaiki 20 Ribu RTLH

62286 medium bogor
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengatakan, jumlah penerima bantuan hibah dan bantuan sosial untuk perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Bogor pada tahun 2019 ini terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2018 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencatat, program RTLH yang terealisasi sudah sebanyak 3.018 unit rumah.

"Di tahun 2019 ini ada sebanyak 4.648 unit Rutilahu yang akan segera mendapat bantuan biaya perbaikan yang didanai oleh APBD Kota Bogor. Total anggarannya sekitar Rp 36 miliar," ujar Dedie, Minggu (26/5/2019).

Sedangkan untuk jumlah penerima perbaikan RTLH yang melalui biaya APBD Provinsi mencapai 1.900 unit rumah, dengan maksimal bantuan senilai Rp17,5 juta per unitnya. Sementara bantuan RTLH yang menggunakan pembiayaan APBD, Dedie menyebut bervariatif nilainya.

"Mulai dari lima juta dan delapan juta rupiah sedangkan batas maksimum yang ditetapkan oleh Pemkot senilai Rp11,5 juta. Bantuan yang diberikan Pemkot berupa biaya non tunai yang disalurkan melalui Bank Jabar,” katanya.

Mantan pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menerangkan, pembenahan Rutilahu setiap tahunnya akan terus ditingkatkan, sehingga pada tahun 2023 sudah tidak ada lagi Rutilahu di Kota Bogor.

Program perbaikan RTLH menjadi layak ini, lanjutnya, merupakan salah satu program utama yang digaungkan pasangan Bima Arya-Dedie A Rachim saat berkampanye tahun lalu. Keduanya sepakat untuk merenovasi sebanyak 20 ribu unit RTLH hingga tahun 2023 mendatang.
Sudah dilihat 52 kali

Komentar