Kota Bekasi genjot fasilitas kesehatan warganya

27 March 2019, 11:55 WIB
1 0 71
Gambar untuk Kota Bekasi genjot fasilitas kesehatan warganya
Genjot pelayana publik di bidang kesehatan, Wali Kota Bekasi targetkan 3 Rumah Sakit tipe D setelah di Jatisampurna.
"Tahun ini, kami menargetkan ada tiga rumah sakit tipe D yang bisa melayani warga Kota Bekasi. Setelah Jatisampurna, dua rumah sakit akan dibuka di Pondok Gede dan Bantargebang," papar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, kemarin.
Beruntung, khusu di Bantargebang sudah ada bantuan dana dari Pemprov DKI Jakarta.
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantu pembiayaannya sehingga pengoperasian rumah sakit ini relatif lebih cepat," lanjut Rahmat.
Pembangunan fasilitas kesehatan diharapkan bisa memberi angin segar bagi kesehatan warga Bekasi.
"Saya ingin dari tahun ke tahun masyarakat bisa lebih mudah menjangkau fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah daerah," tandas Rahmat.

Saat ini, jumlah warga Kota Bekasi yang hampir mencapai 3 juta jiwa hanya dilayani satu rumah sakit milik pemerintah daerah, yakni RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid yang berada di Jalan Pramuka, Bekasi Selatan. RSUD dengan tipe B itu mendapat dukungan fasilitas kesehatan di tingkat kecamatan, dengan beroperasinya 39 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Adapun jumlah rumah sakit swasta di kota ini jauh lebih banyak, mencapai 36 unit.

Lebih jauh Rahmat Effendi mengungkapkan rumah sakit di Jatisampurna memiliki kapasitas rawat inap untuk 50 pasien. Rumah sakit itu juga dilengkapi ruang gawat darurat, ICU, NICU, dan poliklinik rawat jalan. Untuk layanan rawat jalan diperkuat empat dokter spesialis, yakni kebidanan, anak, bedah, dan penyakit dalam.


Fasilitas penunjang yang tidak kalah pentingya ialah instalasi farmasi, radiologi, dan poligigi. Rumah sakit ini melayani pasien BPJS ataupun Kartu Sehat (KS) berbasis nomor induk kependudukan.
Sumber:
Media indonesia

  Komentar untuk Kota Bekasi genjot fasilitas kesehatan warganya

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!