Kontak dengan Dokter Positif Corona, 93 Warga Tolitoli Jalani Rapid Test

15 May 2020, 20:00 WIB
0 0 16
Gambar untuk Kontak dengan Dokter Positif Corona, 93 Warga Tolitoli Jalani Rapid Test
Pasca ditetapkan satu dokter terkonfirmasi positif COVID 19 di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, sebanyak 93 warga yang merupakan pasien dokter yang pernah kontak langsung dengan dokter bersangkutan, menjalani rapid test di Puskesmas Kota Managaisaki.

"Sampai hari ini kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap 93 pasien yang pernah kontak dengan dokter terkonfirmasi COVID 19, di mana ada 4 pasien reaktif rapid test ditambah dengan 2 dari keluarga dokter tersebut,’’ kata Kepala Puskesmas Managaisaki, H. Ukkas A. Akil saat dihubungi PaluPoso, Jumat (15/5).

Kedatangan warga yang pernah kontak langsung dengan dokter tersebut kata Ukas, setelah memperoleh informasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tolitoli yang mengumumkan seorang dokter terpapar virus ganas asal negeri tirai bamboo itu.

"Guna proses pemeriksaan berjalan dengan tertib, pihak puskesmas kota terpaksa memberlakukan pemeriksaan dengan menggunakan sistem antrian serta menjaga jarak atau physical distancing,’’ ujarnya.

Lanjut Ukkas, pemeriksaan yang dilakukan oleh para tim medis tetap mengikuti standar prosedur penanganan COVID-19, di mana wajib menggunakan alat pelindung diri.

Berdasarkan data dari puskesmas kota selama tiga hari berturut-turut, sebanyak 93 warga telah dilakukan pengambilan sampel darah melalui alat rapid test, guna mengetahui apakah pasien yang pernah kontak dengan dokter yang terkonfirmasi COVID-19, dinyatakan reaktif atau non reaktif.

Sesuai pantauan, pasien yang menjalani rapid test beragam tingkatan umurnya, mulai balita, anak-anak, hingga orang dewasa.

Tim surveillance Puskesmas kota akan terus melakukan tracking terhadap sejumlah pasien yang belum terdata, sembari melakukan koordinasi dengan asisten dokter yang melakukan pencatatan terkait daftar nama pasien yang sudah melakukan pemeriksaan selama sepekan sebelum dokter tersebut terkonfirmasi positif COVID-19.

sumber : kumparan (paluposo)

  Komentar untuk Kontak dengan Dokter Positif Corona, 93 Warga Tolitoli Jalani Rapid Test

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. GASA Kembali Berbagi Sayuran "Warga Bantu Warga" di Lima Kampung se-Kel. Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020