Komunitas Teman Hijrah, Sahabat Perjalanan Hijrah Milenial Bogor

1 July 2019, 18:32 WIB
1 0 81
Gambar untuk Komunitas Teman Hijrah, Sahabat Perjalanan Hijrah Milenial Bogor
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH,AYOBOGOR.COM--Hijrah kini menjadi tren bagi kalangan anak muda khususnya generasi milenial. Seiring dengan meningkatnya tren itu, majelis ilmu pun terus bermunculan. Begitu juga dengan komunitas dakwah seperti komunitas Teman Hijrah yang sudah eksis di Bogor sejak 2016.

Teman Hijrah adalalah sebuah komunitas dakwah yang aktiv bergerak memfasilitasi umat islam utamanya kaum milenial yang ingin meninggalkan masa lalunya dan mempunyai keinginan menjadi lebih baik serta memperdalam ilmu agama.

Komunitas yang baru berusia sekitar tiga tahun ini memfasilitasi kaum milenial itu dengan cara mengadakan kajian-kajian rutin di Masjid Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) setiap Sabtu usai Solat Ashar.

"Jamaah yang gabung kita setiap kali kajian di masjid alumni IPB itu sangat antusias kira-kira sampai 1000-an sekali kajian dan itu notabene anak-anak muda, milenial," ujar Ketua Teman Hijrah, Wildan Fauzan, Selasa (25/6/2019).

Nama Teman Hijrah diambil dari keinginan komunitas ini menjadi seorang teman ketika seseoarang mencoba untuk menjadi lebih baik atau hijrah.

"Maksudnya ketika seseorang hijrah dari masa lalu mereka kan sulit, banyak godaan, gak tahu caranya, ilmunya, nah kita hadir menemani mereka, sebagai teman kita gak ngejudge teman-teman, habis itu gak mandang masalalu mereka tapi yang kita ingin menemani aja diperjalannya," ungkap Wildan.

Dia menceritakan bahwa komunitas Teman Hijrah dibentuk berawal dari keresahan dua orang pemuda asal Bogor yang ingin belajar ilmu agama. Kemudian mereka mencari pendakwah untuk mendapatkan ilmu dan mengajak teman-teman mereka untuk mendengar kajian.

Kegiatan kajian yang diadakan oleh dua orang teman itu kemudian menjadi rutinitas setiap bulan di masjid Al Hijri. Hingga kemudian mereka bertemu Ustadz Hilman Fauzi yang ikut bergabung dan menjadi dewan pembina Teman Hijrah.

"Jadi awalnya kita ngaji bareng sama teman-teman kita saja paling banyak 20 orang, habis itu digiatkan sebulan sekali kemudian ternyata sampai akhirnya kita ada event di masjid Raya Bogor dipertemukan dengan Ustaz Himawan Fauzi yang sekarang jadi pembina dan dari sini kita dapat tempat di Masjid Alumni IPB untuk mengadakan kajian dan kita istiqomah hingga akhirnya sampai sekarang banyak yang ikut kajian, bukan hanya teman-teman kita saja," ungkap Wildan.

Setelah mendapatkan tempat pengajian di Masjid Alumni IPB, kegitan Teman Hijrah kemudian tak hanya soal kajian namun kegiatan lainnya pun lahir mulai dari quality time teman hijrah, festival hijrah Bogor hingga bengkel hijrah.

"Bengkel hijrah itu kalau itu untuk teman-teman yang punya masalalu kurang bagus dan kita coba menggiringi atau menemani mereka ke kebaikan kita coba sisipkan nilai islam," jelas Wildan.

Dia berharap komunitas dakwah ini menjadi teman terbaik dan tempat terindah bagi mereka yang mempunyai keinginan untuk menjadi lebih baik utamanya dalam urusan agama.

"Intinya kita ingin menjadi fasilitas, ingin memfasilitasi teman-teman yang ingin hijrah, ingin lebih dekat dengan islam itu intinya, tapi dalam hal itu kita juga ada usaha untuk bukan hanya memfasilitasi doang tapi juga mengajak untuk hijrah hingga pada akhirnya kita berharap banyak orang hijrah," tukas Wildan.

  Komentar untuk Komunitas Teman Hijrah, Sahabat Perjalanan Hijrah Milenial Bogor

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  2. Rahmat Effendi Terjun Langsung Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

    Indra Gunawan  di  Jatiasih, Bekasi Kota  |  12 Jan 2020
  3. BANYUWANGI SIAGA BENCANA

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  10 Jan 2020
  4. RAPAT PERSIAPAN KOMUNITAS SENIMAN GURU LOMBOK TENGAH.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  11 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  2. 7
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020