KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

22 September 2020, 14:41 WIB
4 0 186
Gambar untuk KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!
KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

Setelah melalui diskusi terfokus selama kurang lebih empat jam di Kantor Bappeda Kota Surakarta, akhirnya, 19 orang dari unsur perwakilan CSO yang ada di Surakarta bersama tiga orang dari unsur pemerintahan dan FC Madani menjadi saksi pelaku terbentuknya Komunitas Belajar Madani Solo.

FGD ini sendiri dilaksanakan dengan memperhatikan protokol covid dengan ketat. Sebelum masuk area Balaikota semua peserta diperiksa suhu dengan thermogun. Lalu sebelum masuk ruangan peserta diminta cuci tangan. Dipintu masuk disediakan handsanitizer. Tidak ketinggalan kewajiban memakai masker selama berdiskusi. Bahkan sessi foto bersamapun diambil dengan posisi peserta masih di tempat duduknya masing masing.

Peserta menyampaikan antusiasnya dengan adanya pertemuan. Bp Ahmad Ramdhon, dosen UNS menyampaikan kegembiraannya bergabung di forum dengan menyatakan "Saya itu ketika ditelpun mas Akbar untuk ikut hadir di pertemuan ini seperti mendapatkan kejutan setelah saya tunggu cukup lama." Kilahnya yang kemudian ditimpali Ibu Sumilir dari Bappeda,"Ini mimpi saya sejak sepuluh tahunan lalu!"

FGD halfday dilakukan secara hybrid, sebagian hadir secara offline dan sebagian lainnya hadir secara online. Peserta dari unsur CSO yang hadir secara offline antara lain: Bp. A.Ramdhon (Kampungnesia), Bp.Marbandi (Sompis), Bp.Tri Han (Sari), Ibu Noor Hidayah (Kakak), Bp.Agus(Inres), Ibu Sri Mulyani (Seroja), Bp.Ichwan Prasetyo (Aji), Ibu Rahayu (Spekham), Bp. Sinam (JRKI), Ibu Uti Pikat (Interaksi) Bp. Rahadi (LPTP), Eko Setiawan (Kompip). Bp. Akbarudin Arif (Kompip). Dari unsur pemerintahan, ikut hadir Bp. Tulus Widayat, SE, Msi, Kepala Bappeda; Ibu Sumilir, S.TP, Msi; serta Bapak Moch. Rudiyanto, S.Sos, Msi Kepala Kesbangpol Kota Surakarta.

Sementara peserta yang hadir secara online: Ibu Diyah (Pattiro) dan Bp. Tumiriyanto (YKP). Juga hadir secara online FC Madani Bapak Bambang Widi Santoso yang mengawali diskusi dengan memberikan pengantar terkait opportunity pembentukan learning forum yang didukung Program USAID Madani.

Mengikuti terbentuknya Komunitas Belajar Madani Solo, telah ditunjuk secara aklamasi Bp. Akbarudin Arif sebagai koordinator KOMBES.

Akbarudin Arif dalam penjelasannya menyatakan,"Madani yang dibayangkan KOMBES adalah konsep imaginer tentang tatanan masyarakat terbaik sebagai manifestasi visi kolektif dari bersatunya mimpi terbaik semua unsur citizen: CSO, Pemerintahan, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha, Pers, masyarakat atas, masyarakat bawah, masyarakat tengah, masyarakat ujung bahkan marginal. Semuanya. Konsep imaginer itu sendiri masih harus dicari, ditemukan, dimajukan dan diwujudkan melalui sinergi semua unsur yang ada. Karena itu kami mempertahankan istilah belajar yang kebetulan juga diperkenalkan oleh Program USAID Madani."

Pertemuan ditutup oleh Bp. Tulus Widajat, SE, MSi Kepala Bappeda Kota Surakarta dengan menyatakan optimisme atas berkumpulnya CSOs di forum belajar. "Forum ini diisi orang orang baik dan akan menghasilkan sesuatu yang baik", jelasnya . Dalam pernyataan penutup, Bp Tulus menyampaikan Bappeda akan mendukung untuk memajukan inisiasi sinergi ini, termasuk harapan agar forum dapat memberikan masukan dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

  Komentar untuk KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Tetangga suplai logistik warga isolasi mandiri di Kepatihan

    Deni Suryanti  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Sebagian Kain Menghasilkan Mikroplastik Ketika Dicuci

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  18 Oct 2020