KOMUNITAS ALUMNI SMANSASI 97, GELAR BAKTI SOSIAL MENEBAR MANFAAT DAN MERAJUT SILATURAHMI

27436 medium baksos alumni sman 1 bekasi 97 cahaya foundation 27437 medium baksos alumni sman 1 bekasi cahaya foundation 27438 medium reuni alumni sman 1 bekasi 97 cahaya foundation
Minggu, 1 Juli 2018, SMAN 1 Bekasi, Jl. Agus Salim Bekasi Jaya bisa jadi merupakan hari bersejarah bagi 25 anak yang akan dikhitan, peristiwa sekali seumur hidup bagi mereka. Bisa jadi juga merupakan hari yang agak menegangkan, bagi sekitar 50 ibu-ibu yang akan melakukan cek papsmear, sebuah tes kesehatan penting bagi perempuan dewasa.

Atau hari yang ditunggu-tunggu, untuk beberapa ratus warga, termasuk anak-anak, yang akan mendapatkan perhatian dan kepedulian Komunitas ‘97 dalam bentuk pengobatan umum, gigi dan cek lab kolesterol, asam urat dan gula darah, yang keseluruhannya gratis.

Pada hari tersebut, Komunitas ’97, bekerjasama dengan Cahaya Foundation, Kimia Farma dan BPJS Kesehatan, menggelar sebuah aksi sosial yang dinamai Baksos Komunitas ’97: Pengobatan Massal Gratis.

Kegiatan ini bertempat di area SMAN 1 Bekasi, Jl. Agus Salim No. 181. Layanan medis cuma-cuma yang akan dibuka pada kesempatan kali ini terdiri atas enam bagian: Pemeriksaan Kesehatan Umum, Anak, Gigi, Khitan, Papsmear dan Minilab.

Baksos pengobatan ini, berawal dari cetusan salah seorang rekan Komunitas ’97.

Antusiasme dan semangat kawan-kawan lainnya atas ide tersebut ternyata begitu bagus, sehingga timbul keseriusan ingin menjadikannya sebagai fokus kerja Komunitas ’97 di tahun 2018 ini. Maka bergulirlah ide jadi kerja, dan kerja jadi aksi hingga hari ini.

Mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan adalah hak dasar setiap individu untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Namun, ada kalanya kebutuhan ini tidak tercukupi dengan sempurna karena berbagai keterbatasan yang ada di lingkungan masyarakat.

Berbekal keinginan untuk melayani kebutuhan warga yang masih terpinggirkan dalam hal mendapatkan pelayanan medis yang memadai inilah maka dirancang sebentuk kegiatan bakti sosial yang berfokus pada pelayanan medis.

Kepanitiaan mulai dibentuk dan mulai mengumpulkan rekan alumni 1997 yang berprofesi sebagai dokter untuk terlibat dalam rencana ini. Atas saran dari mulut ke mulut, dan dari berbagai bantuan lewat proposal yang kami edarkan, didapat kontak ke berbagai pihak yang pada akhirnya menjadi mitra kerja baksos, seperti Cahaya Foundation, Kimia Farma, BPJS, dukungan dari almamater SMAN 1 Bekasi, dukungan dari Kapuskopau TNI AU, dukungan dari Indofood, dan dukungan dari banyak individu yang tak bisa disebutkan satu per satu, yang sebagian besar adalah alumni SMAN 1 Bekasi, Angkatan 1997.

Perjalanan enam bulan yang begitu mengharukan mengingat kegiatan ini dimulai dari ketiadaan ilmu tentang cara penyelenggaraan kegiatan sosial semacam ini, dan modal dana yang minim.

Semoga baksos ini bisa menjadi jalan untuk merangkul warga yang hidup berdampingan dengan almamater SMAN 1 Bekasi, memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkannya, dan terakhir, merajut lagi silatuhrahmi diantara sesama alumni SMAN 1 Bekasi.

https://www.cahayafoundation.org
Sudah dilihat 95 kali

Komentar