Komitmen PMI dalam memulihkan kembali kehidupan warga Paska gempa lombok

2 0 166
Gambar untuk Komitmen PMI dalam memulihkan kembali kehidupan warga Paska gempa lombok
Lombok - Hampir satu tahun lebih Berlalu Bencana Gempa bumi masih terasa hangat diingatan Bagi masyarakat diberbagai wilayah lombok Nusa tenggara barat.

Sebuah peristiwa yang mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia, serta Luka luka dan menghancurkan ribuan unit rumah warga serta berbagai fasilitas umum dan insfrastruktur lainnya porak poranda.

Sampai saat ini, PMI masih tetap berkomiten memberikan pelayanan kepada para warga masyarakat yang terdampak dengan berbagai layanan dan bantuan melalui dukungan berbagai mitra

Seperti yang dilakukan saat ini, PMI kembali mendistribusikan bantuan berbasis tunai atau cash transfer programming (CTP) kepada korban bencana di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai dukungan bantuan dalam

"Ini salah satu bentuk komitmen PMI dalam operasi pemulihan untuk terus membantu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak bencana gempa di Lombok melalui berbagai model bantuan berbasis tunai," kata Kasubdiv Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat Ridwan S Carman dalam siaran persnya. Rabu (27/11)

Menurut Ridwan, Bantuan berbasis tunai saat ini merupakan dukungan dari Perhimpunan Bulan Sabit Merah Qatar (Qatar Red Crescent) yang nantinya akan digunakan peruntukan bantuannya kepada warga masyarakat yang terdampak parah yang sudah di verifikasi yang menjadi prioritas sebagai penerima manpaat bantuan ini.

Dalam membantu operasi pemulihan ini bantuannya difokuskan untuk memenuhi keperluan dan membeli berbagai kebutuhan bahan bangunan, peralatan rumah tangga dan pembangun sanitasi MCK.

Proses bantuan berbasis tunani ini melalui tahapan pencairan langsung yang bekerjasama dengan salah satu bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Bank Mandiri. Sebelumya para penerima manpaat menerima kartu dan diverifikasi di kantor desa.

PMI juga sudah melakukan hal serupa dalam fase tanggap darurat dengan menyalurkan bantuan non tunai melalui voucher kepada 6.028 KK untuk belanja material bangunan hunian, laterine serta perlengkapan rumah tangga.

Sahriyah (45), Salahsatu penerima manpaat warga guntur macan lombok barat dirinya merasa senang bisa mendapatkan bantuan ini, diakuinya paska bencana gempa lombok membuat rumahnya hancur

"Bantuan ini akan dipergunakan untuk membeli bahan material bangunan dan memperbaiki rumahnya serta membuat fasilitas MCK di rumahnya," katanya.

Hal senada juga diungkapkan suhartinah warga Desa guntur macan dusun apitaik lombok barat, dirinya mengungkapkan kegembiraannya setelah melakukan pengambilan transaksi pencairan bantuannya di Bank Mandiri.

"Sangat senang sekali mendapatkan bantuan yang di tunggu tungu ini, besok hari saya akan langsung dibelanjakan ke toko material banguan untuk membeli semen dan bahan lainnya untuk membuat WC di samping rumah," ungkap suhartinah.

Diakuinya, bantuan ini sangat berguna terlebih untuk melengkapi kebutuhan membuat tempat mandi cuci kakus (MCK) serta merapihkan kembali bagian rumah yang merupakan bantuan pemerintah.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 1
    Komentar

    Pengungsi Banjir Kota Pekalongan Telah Kembali Ke Rumah Masing-Masing

    Siswoyo R  di  Pekalongan Kota  |  21 Jan 2021