Komentar dan Diskusi Panjang warnai Pelatihan Fasilitasi Simpul Belajar Madani Kota Makassar

4 0 60
Gambar untuk Komentar dan Diskusi Panjang warnai Pelatihan Fasilitasi Simpul Belajar Madani Kota Makassar
Forum Belajar Milenial (BARANI) Kota Makassar sebuah forum belajar yang diinisiasi 8 organisasi masyarakat sipil di Kota Makassar sedang melakukan pelatihan peningkatan kapasitas di Red Corner Kafe and Coffee, 20 Oktober 2020 kemarin.
Kedelapan organisiasi tersebut antara lain Institute Community Justice (ICJ) Mitra Utama Madani untuk Kota Makassar, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Sulsel, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Dewi Keadilan Sulsel,Kita Bhineka Tunggal Ika, Peace Generation Makassar, Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (Perdik) Sulsel dan Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel dan Institute Community Justice (ICJ). Pelatihan yang akan berlangsung selama 3 hari ini mulai 20-22 Oktober 2020 bertujuan untuk meningkatkan kapasitas forum dan anggota forum untuk lebih mengoptimalkan kontribusinya dalam meningkatkan akuntabilitas dan keberagaman social pembangunan di Kota Makassar. Sebagai forum belajar yang baru saja dilaunching, banyak hal yang perlu direfleksikan dan di diskusikan berkaitan dengan bagaimana meningkatkan toleransi dan ruang ekspresi generasi muda di Kota Makassar. Simpul Belajar merupakan “ruang” bagi CSO dan stakeholder lainnya untuk berjejaring, belajar, dan berbagi pengetahuan, issue-dialog hal yang spesifik, menanggapi dan membangun aliansi: Saling belajar - pengembangan kapasitas organisasi dan kinerja CSO sesuai dengan kebutuhan spesifik organisasi, Aksi Bersama - Advokasi di tingkat Kota dan fokus isu toleransi dan ruang ekspresi generasi muda berkaitan dengan akuntabilitas, keberlanjutan dan inklusi sosial/toleransi, Menyelenggarakan dialog antara CSOs, pemda, sektor bisnis , baik di tingkat kab/kota, juga di provinsi dan nasional dan melakukan advokasi kebijakan, pengawasan serta monitoring bersama implementasi setiap kebijakan di kota Angin Mamiri ini.
Pelatihan Fasilitasi simpul Belajar Madani difasilitasi oleh Field Coordinator MADANI Kota Makassar Salma Tadjang bersama Senior Field Coordinator Sulawesi Selatan Nawir Sikki telah dimulai sejak kemarin, 20 Oktober dan akan berakhir 22 Oktober 2020 lusa. Sejak hari pertama, palatihan yang diikuti 14 peserta yang berasal dari berbagai organisasi dengan konsern isu yang beragam diantaranya demokrasi, perempuan dan anak, pluralisme, disabilitas dan perdamaian berlangsung ramai. Suasana ramai karena diawali dengan sesi Citra Diri simpul belajar, sebuah sesi dengan mengelompokkan peserta dan mereka diminta merumuskan simpul belajar yang ideal dengan sebuah gambar. Dalam kelompok setiap peserta mengambar dan masing-masing memberikan argumentasi tentang makna dari gambar mereka. Setelah itu, mereka menyepakati sebuah konsesus gambar yang mana yang akan mewakili kelompok. Tiada sesi tanpa respon dan komentarp panjang dari peserta karena mereka respon dari berbagai perspektif. Banyak harapan yang telah dituliskan peserta pelatihan di papan flipchard semoga hingga pelatihan ini berakhir sebagian besar harapan itu akan terpenuhi.

  Komentar untuk Komentar dan Diskusi Panjang warnai Pelatihan Fasilitasi Simpul Belajar Madani Kota Makassar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. "Daring Sosialisasi Peta Bencana.id disaat Pandemi"

    Saffanah Mubarok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  20 Nov 2020
  2. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    The Secret of happiness

    Umi Hadiqotul Jannah  di  Jombang, Jember  |  21 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GESEKAN YANG POSITIF

    TOKHIDUL MIKBAR  di  Jatibarang, Brebes  |  21 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020