Kolaborasi Puskesmas dan KUA Beri Edukasi Kesehatan Reproduksi

31327 medium 27082018
Pemberian informasi kesehatan reproduksi bagi calon pengantian (catin) dinilai penting sebagai kesiapan memasuki jenjang pernikahan. Untuk itu, perlu adanya sinergitas antara Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memberikan edukasi terkait kesehatan reproduksi.
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas dan KUA untuk meningkatkan pemahaman bagi catin. Keduanya mempunyai peran penting dalam mengajarkan catin untuk mengelola persiapan pernikahan.
“Jadi para catin diajarkan mengelola persiapan pernikahan, bukan melakukan intervensi setelah terjadi masalah dalam perkawinan,” katanya usai acara Pertemuan Sinergitas Program Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Catin di aula Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Aliyah, Senin (27/08).
Dikatakan May, saat melakukan pemeriksaan kesehatan, Puskesmas dapat juga memberikan konseling bagi para catin. Selain itu, jika ada catin yang mengalami gangguan kesehatan bisa melakukan rujukan.
Kemudian, untuk KUA harus lebih maksimal dalam memberikan seminar pra-nikah kepada para catin. Adapun seminar tersebut baik berupa kesiapan fisik menghadapi masalah dalam rumah tangga maupun upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan keluarga yang sakinah.
“Koordinasi ini perlu dilakukan karena sama-sama memberikan dampak yang positif untuk edukasi dan mengurangi angka perceraian,” pungkas May.

sumber: Diskominfo Depok
foto : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 26 kali

Komentar