Kodim Kediri Latihan Posko I Jelang Bulan Ramadhan

25481 medium img 20180514 wa0008
Kediri. Jelang bulan Ramadhan ,Korem 082/CPYJ menggelar latihan posko I dan latihan ini mengasumsikan penanggulangan bencana berupa gunung meletus, banjir ,tanah longsor dan puting beliung. Latihan posko I yang berlangsung di Makodim 0809/Kediri ini ,dilakukan guna mengurangi atau meminimalisir resiko bencana, bila benar-benar terjadi, (14/05/2018)

“Para pelaku harus memanfaatkan waktu yang relatif singkat dan seoptimal mungkin. Kegiatan ini harus dilakukan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggungjawab, baik oleh penyelenggara, pendukung maupun seluruh pelaku. Jadikan latihan ini untuk mencapai profesionalisme dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan tugas di masa mendatang,” ujar Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno.

Terkait latihan yang dilaksanakan hari ini, ia mengungkapkan “Latihan ini merupakan kewajiban dari prajurit, jadi tugas pokoknya prajurit itu, ya berlatih, berlatih dan berlatih. Salah satu tugas pokok TNI ialah di bidang OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yaitu membantu penanggulangan bencana alam, membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam mulai dari evakuasi, kemudian perbantuan logistik dan lainnya.”

Diwaktu yang berlainan, Kasdim Kediri Mayor Inf Joni Morwantoto menjelaskan, bahwa dalam konteks situasional, baik asumsi maupun persepsi haruslah sepaham. Di Kediri, menurutnya, banyak daerah-daerah yang rawan akan bencana, seperti kerawanan tanah longsor di Kecamatan Mojo, Semen, Tarokan, Banyakan dan Grogol, kerawanan banjir di Kecamatan Mojo dan Semen, bahaya gunung meletus di Kecamatan Ngancar, Kepung, Puncu dan Plosklaten, serta putting beliung di Kecamatan Gurah, Ngasem, Gampengrejo dan Plemahan.

Skenario dalam latihan ini ,masih berkutat pada koneksi geografis Kediri dengan kejadian-kejadian yang pernah terjadi, seperti gunung meletus, banjir ,tanah longsor dan puting beliung. Kecepatan waktu dalam berkomunikasi serta penyelesaian permasalahan dilapangan, sangat menentukan penilaian sementara, bila kejadian tersebut benar-benar terjadi.
Sudah dilihat 39 kali

Komentar