Kodim 0815 Sosialisasikan Peran TNI Dalam Pembangunan

59647 medium disperka %281%29
Mojokerto, - Peran TNI Dalam Pembangunan Desa menjadi topik utama Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815 Mojokerto, Mayor Arm Imam Duhri, saat memberikan materi bagi Tenaga Pengelola Perpustakaan Desa, di Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto, Jalan Raya Jabon Nomor 190, Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (24/04/2019).

Kegiatan bertajuk “Pembinaan Sumber Daya Manusia Pada Tenaga Pengelola Perpustakaan Desa Dan Peran TNI Dalam Pembangunan Tahun 2019” diselenggarakan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Disperka) Kabupaten Mojokerto.

Kepala Disperka Kabupaten Mojokerto, Ustadzi Rois, SH., M.Pd., saat membuka acara, diantaranya menyampaikan, pembekalan bagi Tenaga Pengelola Perpustakaan Desa dalam rangka mendukung dan mengembangkan serta menumbuhkan budaya baca bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Pada kesempatan tersebut, Pabung Kodim 0815 Mojokerto, Mayor Arm Imam Duhri, menjelaskan, tugas pokok TNI sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman, gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dijelaskan Pabung, tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). Di antara OMSP tersebut, yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintahan di daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Pabung, maka Kodim 0815 Mojokerto sebagai salah satu Satkowil yang merupakan perpanjangan dari TNI AD, memiliki tugas utama menyelenggarakan pembinaan teritorial (Binter) di daerah, yang diselaraskan dengan program pembinaan wilayah yang dilaksanakan Pemda.

“Binter itu sendiri masih dalam kerangka pembinaan wilayah yang dilaksanakan melalui komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah dan Bakti TNI, yakni pelibatan TNI sebagai komponen bangsa dalam menjalankan fungsi sosialnya untuk menunjang pembangunan,” paparnya.

“Bakti TNI yang sudah dilaksanakan di wilayah Kodim 0815 ini, diantaranya, TMMD, karya bhakti renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), KB-Kes dan lain-lain, yang tujuannya membantu tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat serta memantapkan Kemanunggalan TNI – Rakyat sesuai dengan UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara,”beber Pabung.

Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Sekretaris Disperka Kabupaten Mojokerto Drs. Muhammad Ridwan, MM., Kabid Perpustakaan dan Kearsipan Disperka, Juli Kushertin, SH., Kasi Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Disperka, Nurhudi, A.Md., Staf Disperka Sdr. Sules Andrianto dan Perwakilan Pengelola Perpustakaan Desa.
Sudah dilihat 28 kali

Komentar