Kisah Nyata Bahaya Meminum Minuman Keras

67101 medium 67340271 2833510536723423 1917754016364756992 o
👤41 tahun, peminum Minuman Keras dan Muslim

Seorang laki laki usia 41 tahun,sore itu dibawa oleh salah seorang anggota keluarganya ke klinik Rumah Sakit (RS), Ia dirujuk karena sudah sejak beberapa bulan terakhir mengalami sesak nafas yang diikuti oleh rasa kembung, mual dan tidak nafsu makan, pasienpun merasa perutnya semakin hari semakin membesar.

Ketika memulai anamnesa, saya menanyakan pekerjaan dan kebiasaan hidupnya, ternyata beliau adalah seorang wiraswasta dan selama ini berdomisili di salah satu wilayah di bagian tengah Indonesia.

Setelah melakukan pemeriksaan, ditemukan adanya pembesaran hati dan cairan di rongga perut yang kami sebut sebagai ascites, selain itu tampak bola mata pasien berwarna kekuningan.

Saya menghela nafas dalam, karena mulai bisa menduga penyakit yang dialami beliau, akan tetapi masih ada pertanyaan yang saya mesti tanyakan kepada beliau untuk mengkonfirmasi analisa saya diatas.

"Bapak mengkonsumsi minuman keras?"

Pasienpun tampak sedikit agak kaget dengan pertanyaan tersebut, kemudian menjawab, bahwa beliau memang seorang "peminum".
Kebiasaan minum minuman keras sudah dilakukan sejak ia kuliah di sebuah perguruan tinggi dulunya, ia mengaku meminum miras karena "pergaulan" dengan teman teman sebayanya.
Saat inipun beliau masih minum, walau katanya, hanya berupa bir kaleng.

Saya kemudian menganjurkan beliau untuk melakukan USG perut untuk pemeriksaan lanjutan dan hasilnya sesuai dengan dugaan saya sebelumnya, di lembar hasil tertulis.

Kesimpulan : sugestif sirosis hepatis stadium kompensata.

Saya kemudian melihat kembali data pribadi beliau dan disana tertulis "Islam" sebagai agama yang Ia anut.

Ternyata beliau telah melewatkan salah satu keberuntungan menjadi seorang muslim .

---

Hati merupakan organ terbesar yang ada didalam tubuh kita, ia diciptakan Allah Subhanahuwataala untuk menetralisir berbagai racun yang ada didalam tubuh, mengatur sirkulasi hormon, komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain. Hati juga membuat empedu, zat yang membantu pencernaan lemak.

Sirosis hepatis merupakan Kerusakan hati kronis/tahap akhir yang ditandai dengan kegagalan hati untuk berfungsi sebagaimana mestinya.

Diantara penyebab tersering dari sirosis hepatis adalah mengkonsumsi/meminum minuman keras. Dimana meminum minuman keras dapat menyebabkan kerusakan dan jaringan parut pada jaringan hati.
Dalam jangka panjang akan menimbulkan kerusakan permanen dan kehilangan fungsinya sebagai penetral zat zat yang berbahaya ditubuh

Kerusakan hati karena sirosis tidak bisa dipulihkan. Penderita sirosis hepatis akan merasa kelelahan kronik, hilangnya nafsu makan, mual dan muntah. Pada tahapan lanjut pasien bisa menderita muntah darah akibat varices esophagus.
--

Sebagai muslim kita mesti meyakini bahwa setiap perintah dan larangan yang dibawa Rasulullah Shalallahualaiwassalam membawa manfaat bagi kita.
Hanya kadang tidak semua kita pahami.

Meminum minuman keras (Khomr) adalah salah satu larangan dalam syariat agama Islam, secara kesehatan, akibat buruk yang ditimbulkannya jauh lebih besar dibandingkan manfaat yang tidak seberapa, tidak saja mempengaruhi otak (menghilangkan kesadaran) akan tetapi mengkonsumsi minuman keras juga dapat merusak organ organ tubuh anda yang lain seperti hati (liver).

Alhamdulillah, Beruntunglah kita sebagai seorang Muslim yang hidupnya sudah diatur oleh Allah Subhanahuwataala untuk berjalan diatas jalan keselamatan di dunia dan akhirat.

Akan tetapi menjadi pertanyaannya, apakah kita memang ingin mendapatkan keberuntungan tersebut dengan meyakini dan mengamalkannya atau tidak?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah: 90)

--
Setelah memberitahu sakit apa yang dialami beliau dan menasehati untuk segera berhenti dari kebiasaan buruknya, Pasien selanjutnya dirujuk ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Walau penanganannya berat dengan prognosis yang buruk, tetapi sebagai saudara seimannya saya berdoa semoga di sisa usianya, beliau bisa bertaubat dan banyak beramal soleh.

Catatan :
Silahkan dibaca artikel berikut agar bisa memahami lanjut terkait hukum Alkohol :

Hukum Bir dg 0% Alkohol?

https://konsultasisyariah.com/8834-bir-haram.html

Perbedaan Alkohol dan Khomr

https://rumaysho.com/812-salah-kaprah-dengan-alkohol-dan-khomr.html

Ig,Telegram,Fp
Dokter Indonesia Bertauhid
FB : @DokterIndonesiaBertauh1d
Sudah dilihat 97 kali

Komentar

  • 2222 new thumb m bild 1

    Aamiin...
    Iya Bu Guru Tari
    Mudah-mudahan para pemabok pada insyaf, karena begitu dahsyatnya dampak buruk minuman keras

  • 272 new thumb img 20190609 wa0015

    Semoga banyak orang yang bisa ambil hikmah dari kasus bapak tersebut.