Kewargaan Digital

52598 medium post 58840 2a3a1b3f 77ed 48be 85cf bc0784548cad 2019 03 06t21 47 32.028 08 00
Kewargaan Digital merupakan suatu aturan atau konsep yang dimana dapat memberikan sebuah pengetahuan dalam penggunaan teknologi informasi dengan cara yang baik dan benar.
Teknologi yang baik dan benar ini mempunyai beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh setiap warga dunia maya diantaranya:
1. Menggunakan kata-kata yang tepat dan sesuai dengan etika kesopanan dalam berkomunikasi. Seperti yang sering kita temukan dimedia sosial khususnya Facebook banyak dari remaja yang berpacaran membuat status saling bermesraan dan pada saat putus saling sindir menyindir, terjadinya buliying antara laki-laki dan perempuan. Selain itu dari segi tulisan pada saat membuat status maupun berkomunikasi dengan orang lain, hindari tulisan yang menggunakan huruf besar karena huruf besar melambangkan orang yang sedang teriak-teriak bahkan marah.
2. Tidak menyinggung pihak lain dalam sebuah updet-an status yang bertujuan untuk menjatuhkan suatu pihak tertentu atau membuat status yang mengarah pada propokasi. Contohnya seperti status yang mengatakan "Gigi dipagerin rambut di warnain itu manusia atau tembok ?" updet-an status seperti inilah yang memancing orang lain sehingga terjadi suatu konflik atau perselisihan walaupun tujuan dari pembuatan status itu untuk bercandaan. Status-status seperti inilah yang harus kita hindari dalam bermain sosial media supaya orang lain tidak merasa tersinggung terhadap apa yang telah kita tulis.
3. Tidak membagikan informasi yang bersifat pribadi kepada publik. Banyak dari warga sosial media mencurahkan isi hatinya lewat status di media sosial atau membuka aib teman lewat update-an status. Padahal hal ini tidak diperbolehkan dalam agama Islam karena perilaku ini termasuk dalam perbuatan ghibah. ghibah dalam Islam sama saja seperti memakan bangkai saudaranya yang sudah mati. Seperti firman Allah dalam (QS. Al-Hujurat:12)
4. Tidak mengakses website yang tidak pantas atau berisi konten yang negatif seperti pornografi. Terlihat beberapa waktu yang lalu website yang berbau konten negatif ini sudah diblok. Dengan dibloknya konten ini diharapkan turunnya angka pengunjung yang sering membuka konten negatif tersebut.
Itulah beberapa aturan didalam kewargaan Digital yang harus kita taati. Apabila tidak maka akan mendapat sanksi sesuai dengan apa yang telah dilakukan.
Sudah dilihat 51 kali

Komentar