Keuntungan Dan Kerugian Karena Rokok

Gambar untuk Keuntungan Dan Kerugian Karena Rokok
Keberadaan rokok itu menguntungkan banyak pihak, petani tembakau untung, penjual rokok untung, perusahaan rokok untung, dokter juga diuntungkan karena rokok.

Coba dipikirkan ada berapa penyakit karena rokok?
Darah lebih mudah menggumpal, bisa memicu timbulnya stroke atau serangan jantung, berobat ke dokter spesialis syaraf atau spesialis jantung. Pembuluh darah mudah tersumbat, timbul penyakit pembuluh darah sehingga ujung jari bisa diamputasi (buerger disease) berobat ke dokter bedah vaskular.
Asapnya mengakibatkan saluran nafas menyempit, berobatnya ke dokter spesialis paru atau dokter penyakit dalam.
Zat karsinogenik yang ada dalam asapnya bisa menimbulkan kanker mulut, lidah, tenggorokan, esofagus, atau paru, berobat ke dokter spesialis penyakit dalam atau kalau harus operasi, berobat ke dokter bedah mulut, THT, atau bedah onkologi.
Anak yang rutin terpapar asap rokok bapaknya, juga lebih mudah mengalami infeksi saluran nafas atau mengalami asma, bahkan bayi yang terpapar rokok bisa meninggal mendadak di malam hari.
Untuk ini diperlukan dokter spesialis anak.

Sebenarnya yang dirugikan karena rokok ada 3 golongan.
Pertama perokoknya, kita tahu dari beragam penyakit yang timbul karena rokok itu secara statistik, usia harapan hidup perokok lebih pendek 10-15 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.
Kedua keluarganya, ini karena ketika perokok sakit, hampir pasti selalu merepotkan keluarganya.
Ketiga ya pemerintah, coba ketika perokok itu sakit, tidak bisa bekerja lagi, yang menanggung biaya berobatnya ya pasti pemerintah melalui BPJS Kesehatan.

Kalau memang dokter diuntungkan karena rokok, kenapa sih kok dokter yang paling berisik soal bahaya rokok terhadap kesehatan?
Karena setiap dokter disumpah untuk menolong sesama dan cara terbaik untuk menolong dalam kasus ini adalah dengan tidak merokok.
Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, dan banyak sekali penyakit yang bisa dicegah hanya dengan tidak merokok.

Renungan untuk Indonesia yang saat ini merupakan negara di Asia dengan pecandu rokok terbesar.Sumber :
Dr. Erta Priadi Wirawijaya Sp.JP
FB : @ErtaPriadiWirawijaya

  Komentar untuk Keuntungan Dan Kerugian Karena Rokok

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!