Ketupat Dan Opor Lebaran

26687 medium 58640f42643673c0127e130d845d8bf3
Semanu(13/6)_Lebaran senantiasa ditunggu seluruh kaum muslimin di dunia. Saat lebaran merupakan moment berkumpulnya seluruh anggota keluarga yang ada diperantauan. Maka layaknya ketika kumpul akan kurang lengkap kalau tidak disertai makan-makan.
Ketupat dan opor adalah hidangan yang tidak pernah terlewatkan saat lebaran tiba. Keduanya menjadi makanan khas yang selalu ditunggu. Memang ketupat dan opor adalah makanan yang kapan pun bisa dimasak. Namun bersamaan dengan lebaran dan moment kumpul bareng keluarga inilah yang menjadikan ketupat dan opor terasa lebih istimewa.
Mengutip berbagai sumber, ketupat yang berbentuk belah ketupat ini memiliki filosofi kuat bagi masyarakat di Pulau Jawa. Bentuk ketupat ini dilambangkan sebagai _perwujudan kiblat papat limo pancer._ Kiblat papat limo pancer ini dimaknai juga sebagai keseimbangan alam dalam empat arah mata angin utama, timur, selatan, barat, dan utara. Meskipun memiliki empat arah namun hanya ada satu kiblat atau pusat.
Selain itu Kupat sendiri dianggap sebagai sebuah singkatan ngaku lepat atau mengakui kesalahan. Sesuai makna dari Idul Fitri yaitu kembali fitri/ suci/ bersih. Kupat (ngaku lepat) sebagai proses awal membersihkan diri dari dosa atau kesalahan dengan menghaturkan segala maaf serta saling memaafkan/ memberi maaf kepada sesama.
Sama halnya dengan ketupat opor sendiri juga mempunyai makna permintaan maaf. maka tidak salah jika ketupat dan opor dijadikan sebuah simbol ketika lebaran dengan tujuan saling memaafkan antar sesama manusia sehingga dapat menjadi insan yang fitri.

Komentar