Ketahui 8 Faktor Yang Menentukan Keberhasilan Dalam Memancing

19 November 2019, 08:27 WIB
0 0 239
Gambar untuk Ketahui 8 Faktor Yang Menentukan Keberhasilan Dalam Memancing
Apakah anda pernah mancing bersama teman dan iri ketika teman anda mendapat banyak ikan sedangkan anda hanya sedikit atau tidak sama sekali? Sebenarnya apa yang menentukan berhasil tidaknya seseorang dalam memancing ikan?

Faktor-faktor berikut ini saling berkaitan satu sama lain. Misalnya dalam memilih umpan kita harus memperhatikan cuaca dan kondisi alam. Mempunyai teknik mancing juga sangat berpengaruh, lalu apa saja faktor yang menentukan keberhasilan dalam memancing?

Ketahui 8 Faktor Yang Menentukan Keberhasilan Dalam Memancing

1. Spot Memancing

Spot mancing menjadi faktor yang tidak boleh dikesampingkan dan sangat menentukan keberhasilan kita dalam memancing. Dengan pemilihan spot yang tepat, tentunya semakin besar pula harapan dan kesempatan kita untuk mendapat ikan banyak dan besar-besar. Spot mancing sangat berpengaruh terutama apabila anda memancing di alam liar.

Seperti yang kita ketahui, setiap jenis ikan menyukai spot dengan karakter tertentu. Misalnya ikan air tawar, ada jenis ikan yang menyukai air tenang seperti danau dan rawa ada juga yang menyukai perairan dengan arus deras seperti di sungai. Tidak hanya itu saja, dalam memilih spot memancing kita juga harus mempertimbangkan kedalaman, warna air, sedang musim apa di spot tersebut.

2. Cuaca

Cuaca mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku ikan, khususnya dalam mencari makan. Panas matahari, mendung, hujan, petir, angin, ombak dan yang lainnya tidak bisa dipungkiri lagi bahwa faktor tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan anda dalam memancing.

3. Umpan Mancing

Umpan akan sangat terlihat pengaruhnya ketika anda mancing bersama-sama dengan seseorang yang menggunakan umpan mancing yang berbeda. Baik itu umpan buatan, umpan racikan, umpan tiruan ataupun umpan alami sangat berpengaruh terhadap ikan. Maka tidak heran banyak yang mencari dan mempelajari mengenai umpan mancing.

Pemilihan umpan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam memancing. Maka dari itu anda perlu mengetahui habitat dan kesukaan ikan yang akan menjadi target mancing anda.

4. Teknik Memancing

Teknik mancing ikan juga menjadi faktor utama agar berhasil mendapat ikan target anda dengan ukuran yang besar dan jumlah yang banyak. Setiap jenis ikan mempunyai karakter yang berbeda dalam cara mencari makan dan cara makan. Selain itu kemampuan ikan berenang serta fisik ikan itu sendiri juga berpengaruh.

Misalnya jika ikan yang suka mencari makan di dasar air tentunya lebih efektif menggunakan teknik dasaran. Lain lagi apabila ikan itu cenderung berada di permukaan air, maka teknik ngambang atau casting menggunakan umpan tipe top water lebih efektif.

5. Alat Pancing

Mengapa alat pancing dibuat dan didesain dengan berbagai macam bentuk dan ukuran? Salah satu alasannya adalah untuk memudahkan kita dalam memancing. Semakin mudah dan nyaman alat pancing yang kita gunakan tentunya semakin besar pula kita mendapatkan ikan yang banyak.

6. Waktu Memancing

Tentunya mancing akan lebih mudah di

  Komentar untuk Ketahui 8 Faktor Yang Menentukan Keberhasilan Dalam Memancing

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Urgensi INPRES No. 6 Tahun 2020, Diketahui Warga…!!

    Nawir Sikki  di  Manggala, Makassar  |  6 Aug 2020
  2. Pagi Buta! YBS Palopo Bagikan Masker ke "Pahlawan Kebersihan"

    Muh Ishari  di  Wara, Palopo  |  12 Aug 2020
  3. Resiko Penularan Covid-19, Apabila Tidak Pakai Masker...!!

    Nawir Sikki  di  Manggala, Makassar  |  7 Aug 2020

Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Urgensi INPRES No. 6 Tahun 2020, Diketahui Warga…!!

    Nawir Sikki  di  Manggala, Makassar  |  6 Aug 2020
  2. 3
    Komentar

    Peringati Hari Jadi ke-9, PRKI Adakan Santunan Anak Yatim

    Berita PRKI  di  Singaparna, Tasikmalaya Kabupaten  |  11 Aug 2020
  3. 2
    Komentar

    Kegiatan Bank Sampah Dewi Srikandi RT2 RW2 GENDING KEBOMAS GRESIK

    Indah wahyuni  di  Kebomas, Gresik  |  12 Aug 2020
  4. 2
    Komentar

    Tips Keselamatan Bersepeda

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Wonosegoro, Boyolali  |  12 Aug 2020