[KESEHATAN] Perlu Asupan Vit C? Makan Jambu Biji Aja!

2 March 2019, 01:27 WIB
0 0 117
Gambar untuk [KESEHATAN] Perlu Asupan Vit C? Makan Jambu Biji Aja!
Halo AtmaGoers!
Kira-kira...apakah ada yang tidak doyan sama jambu biji? Padahal enak lho...Jambu biji adalah pohon tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buahnya berbentuk oval, dibungkus kulit hijau muda atau kuning. Ini mengandung biji yang bisa dimakan. Selain buahnya, daun jambu biji juga sering digunakan sebagai teh herbal.

Buah jambu biji sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini menjadikannya buah yang menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat buah dan daun jambu biji.

1. MENURUNKAN KADAR GULA DARAH
Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah.
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji meningkatkan kadar gula darah, kontrol gula darah jangka panjang, dan resistensi insulin.2. MENINGKATKAN KESEHATAN JANTUNG
Jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara.
Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya tingkat antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji telah dikaitkan dengan tekanan darah rendah, penurunan kolesterol buruk, dan peningkatan kolesterol baik.

3. MERINGKANKAN NYERI MENSTRUASI
Banyak wanita mengalami gejala nyeri haid, seperti kram perut. Nah, masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji.4. BAIK UNTUK SISTEM PERNCERNAAN
Jambu biji adalah sumber serat pangan. Karena itu, memakannya dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi intensitas dan durasi diare.

5. MEMILIKI EFEK ANTI-KANKER
Ekstrak daun jambu biji telah terbukti memiliki efek antikanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Ini kemungkinan disebabkan oleh tingginya tingkat antioksidan di dalamnya, yang mencegah radikal bebas merusak sel, salah satu penyebab utama kanker.

Satu studi menemukan bahwa minyak daun jambu biji empat kali lebih efektif dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker dibandingkan obat kanker tertentu.

6. MENINGKATKAN KEKEBALAN
Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, kadar vitamin C yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan penyakit.

Nah, jambu biji adalah cara fantastis untuk mendapatkan nutrisi ini, karena mereka kaya akan vitamin C. Satu jambu memberikan sekitar dua kali lipat Reference Daily Intake (RDI) untuk vitamin C. Ini hampir dua kali lipat jumlah yang Anda dapatkan dari makan jeruk.

Jadi AtmaGoers kalau nyari vitamin C, makan jambu biji aja...jeruk mahal haha!

  Komentar untuk [KESEHATAN] Perlu Asupan Vit C? Makan Jambu Biji Aja!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!