Kepala Bidang Peternakan Distanikan himbau warga cerdik memilih hewan kurban

29428 medium kurban

Sebentar lagi umat islam akan merayakan hari besar, bertepatan hari rabu tanggal 22 Agustus 2018 idul adha dirayakan, kendati masi banyak waktu yang dipersiapkan untuk memilih hewan kurban, terkadang ada pula penjual hewan kurban nakal yang menjual hewan kurban tidak layak, beberapa tips untuk mencari hewan kurban. Kepala Bidang Peternakan Distanikan, Satia Sriwijayanti mengungkapkan, ciri-ciri tersebut dapat dilihat secara fisik.
"Bulunya terlihat bersih, mengkilat, muka cerah, dan lincah. Terus nafsu makan baik dan suhu badan normal. Lalu dari lubang kumlah (mulut, mata, hidung, telinga, dan anus) bersih dan normal," katanya, Jumat (3/8/2018).
Beliau menambahkan lagi dengan tidak memilih hewan kurban yang memiliki kecacatan, baik dari kakinya yang tidak pincang, tidak mengalami kebutaan dan telinga tidak rusak, hal lain selain itu ada pula dengan usia si hewan kurban, untuk kambing dan domba di usia 1 tahun keatas sudah dapat di beli, ini bisa dilihat dari cirri ditandainya tumbuh nya sepasang gigi tetap. Untuk sapi dan kerbau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap dan usia tersebut ada di 2 tahun keatas.
Menurut Saria penjualan hewan serta konsumsi daging kurban diprediksi naik 3-5%. Sekitar 26 ribu hewan bisa dipotong, atau naik sekitar 3-5%. Dia menghimbau supaya para pembeli hewan kurban supaya cerdik memilih hewan kurban.
Sudah dilihat 9 kali

Komentar