Keong Sawah Menjadi Alternatif untuk Menambah Uang Dapur

10 April 2019, 1:39
10 12 145
Gambar untuk Keong Sawah Menjadi Alternatif untuk Menambah Uang Dapur
Bojonegara |Bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah keong sawah menjadi alternatif untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan membantu pendapatan suami dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.
Terletak di Kp. Kubang Kepuh desa Karang Kepuh Kec. Bojonegara Kabupaten Serang Provinsi Banten, beberapa masyarakat kurang lebih + 4 Keluarga yang menjadikan Keong sawah sebagai penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian suami mereka, disamping itu juga mereka membantu petani untuk menghilangkan keoang sawah yang kerap dijadikan sebagai hama tanaman padi yang bisa merusaka tanaman.
Ibu Sana selaku pengusaha keong sawah mengatakan, kami mengambil keong sawah itu untuk memperoleh penghasilan tambahan disamping itu karena adanya yang menerima juga usaha kami.
Pengambilannya keong sawah sambil bertani, ada juga yang sambil menggembala kerbau punya orang serta ada juga yang memang sengaja mencarinya. Imbuhnya
Namun pengambilan keong sawah hanya bisa dimanfaatkan ketika musim penghujan dan musim penanaman padi saja karena memang keong hanya muncul ketika ada air disawah-sawah dan cara masaknya mudah tinggal di masak hingga mendidih setelah itu dibersihin dan diambil dagingnya dan dihargai Rp. 2000/Kg kami mengambil keong sawah hanya pada musim hujan saja dan memang usaha ini yang paling simpel tinggal kita ambil keong dari sawah tanpa modal kemudian dimasak hingga mendidih dan diambil daging setelah itu dibawah kepenerima dengan harga Rp. 2000/kg bagi saya itu udah cukup membantu kata Ibu Sarwati salah satu pengusaha keong sawah juga.
Mereka memilih usaha yang simpel karena tanpa modal sedangkan usaha yang lain memerlukan modal yang besar. kami melakukan usaha ini meskipun harus panas-panasan ke sawah namun usaha ini yang paling simpel karena tanpa modal sedangkan usaha yang lain itu perlu ada modal dan juga perlu ada keahlian sedangkan kami ini belum punya keahlian ditambah tidak ada modal pula imbuhnya ibu sarwati diselala kesibukannya memasak keog sawah.

#AtmaGo
#PattiroSerang

  12 Komentar untuk Keong Sawah Menjadi Alternatif untuk Menambah Uang Dapur

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Lautan Alam

bisot, dagingnya bukan untuk ternak melainkan untuk dimakan sebagai lauk pauk di salah satu rumah makan

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉

Teringat masa kecil di tahun 80an, saat Tempat tinggal saya di Jakarta Timur, masih banyak sawah, rawa-rawa, pemukiman masih jarang.
Banyak terdapat keong sawah, senang sekali menangkapnya, hasilnya dimasak sama Bibi, dengan bumbu kuning yang sangat sedap memanjakan selera.
Setelah sawah dan rawa-rawa ditimbun untuk pemukiman, keong sawah pun seolah punah.

Untungnya sekarang banyak penjual keong sawah matang, jadi bisa menyambung kembali nostalgia rasa yang telah lama hanya berada dalam angan.