Kenapa Saat Periksa Ke Dokter, Mulut yang Dicek Terlebih Dahulu?

20 March 2019, 11:17 WIB
2 0 44
Gambar untuk Kenapa Saat Periksa Ke Dokter, Mulut yang Dicek Terlebih Dahulu?
“Buka mulutnya lebar-lebar, ya.” Permintaan dokter yang satu ini sudah pasti selalu diucapkan sebelum memulai pemeriksaan fisik lainnya. Mungkin selama ini Anda bingung, kok yang dicek justru mulut duluan daripada anggota badan yang sakit? Eits, tunggu dulu. Permintaan untuk membuka mulut di awal pemeriksaan memang ada tujuannya, lho. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mulut adalah awal mula penyebab sebagian besar penyakit dalam tubuh
Mulut merupakan gerbang awal masuknya makanan dan minuman sebelum mencapai organ pencernaan lainnya. Itulah sebabnya mulut menjadi habitat yang baik bagi mikroba, meskipun kebanyakan cenderung tidak berbahaya. Bakteri baik dalam mulut dapat membantu melindungi gigi dan gusi serta melancarkan pencernaan, namun bakteri tersebut juga bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh bila masuk ke aliran darah.

Menurut Sally Cram, D.D.S., seorang ahli gigi dan mulut dari American Dental Association (ADA), setiap infeksi di mulut bisa merambat ke aliran darah dan memengaruhi organ dan sistem kekebalan tubuh seseorang. Tentunya hal ini tergantung pada apa yang Anda konsumsi serta ketelatenan menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Dalam kondisi normal, bakteri ini biasanya tidak masuk ke dalam aliran darah. Namun jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, maka bakteri akan membentuk plak di gigi. Saat timbunan plak mulai menggerogoti gigi dan menimbulkan infeksi, bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh melalui aliran darah.

Infeksi sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, asalkan Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sebab, sistem imun Anda akan melawan segala bentuk infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Namun sebaliknya, sistem imun yang lemah dapat membuat bakteri yang masuk ke aliran darah menginfeksi bagian tubuh lainnya. Salah satunya adalah endokarditis infektif, yaitu infeksi bakteri dari mulut yang menyerang lapisan katup jantung.

Kenapa dokter meminta pasien membuka mulut sebelum pemeriksaan bagian tubuh lainnya?
Karena mulut bisa menjadi gerbang masuknya penyakit, itu sebabnya Anda pasti akan diminta untuk membuka mulut lebar-lebar setiap periksa ke dokter. Hal ini dilakukan tentunya bukan tanpa alasan. Dengan begini, dokter bisa melihat kondisi mulut Anda secara keseluruhan dengan bantuan senter dan sebuah stik khusus untuk menahan lidah (depresor lidah).

Kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa tercermin dari apa yang terlihat di mulut — mulai dari gigi, gusi, lidah, dan tenggorokan. Ya. Kondisi mulut Anda dapat sangat membantu dokter untuk mendeteksi tanda dan gejala awal berbagai penyakit yang memengaruhi tubuh secara keseluruhan.

Misalnya saja dengan melihat permukaan dan warna lidah Anda. Cek kondisi lidah bertujuan untuk memastikan seberapa baik kecukupan cairan tubuh Anda selama ini, juga sekaligus memperjelas penyakit yang diderita oleh pasien. Jika lidah memiliki lapisan putih atau bintik putih yang cukup tebal, ini bisa menjadi pertanda sariawan akibat infeksi jamur atau leukoplakia yang bisa jadi cikal bakal kanker mulut.

Menyenter kondisi tenggorokan juga memungkinkan dokter untuk memastikan apakah ada infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan atau amandel, atau abses. Lapisan atau lesi putih pada permukaan mulut juga dapat mengindikasikan tanda-tanda infeksi atau masalah kesehatan mendasar lainnya.

Daftar penyakit yang bisa dideteksi dari kesehatan mulut
Studi menunjukkan bahwa peradangan yang terkait dengan periodontitis (penyakit gusi) dapat menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan pada organ tubuh lainnya. Di antaranya sebagai berikut:

Endokarditis. Endokarditis merupakan infeksi yang terjadi karena bakteri mulut masuk ke aliran darah dan menginfeksi lapisan dalam jantung (endokardium).
Penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan stroke kemungkinan terjadi akibat bakteri mulut yang masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan.
Kehamilan dan kelahiran. Periodontitis dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan berat badan rendah (BBLR).
Warna lidah. Berbagai warna lidah dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan dalam tubuh Anda. Contohnya, lidah dengan lapisan putih atau bintik putih dapat mengindikasikan sariawan atau leukoplakia, jika berwarna merah tua mengindikasikan tubuh kekurangan vitamin B-12 dan asam folat, jika berwarna hitam atau gelap mengindikasikan pasien mengalami diabetes, dan sebagainya.
Tonsilitis, yaitu kondisi saat amandel berwarna merah, bengkak, atau memiliki bercak putih atau kuning.

sumber: hellosehat
foto: hellosehat

  Komentar untuk Kenapa Saat Periksa Ke Dokter, Mulut yang Dicek Terlebih Dahulu?

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!