Kenali Potensi Diri, Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

19 February 2019, 23:53 WIB
0 0 61
Gambar untuk Kenali Potensi Diri, Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat
Jelang SBMPTN 2019, sudahkah kamu memilih jurusan dan kampus yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki? Berdasarkan Data Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017 menyebutkan lebih dari 71,7% orang bekerja tidak linier dengan pendidikannya dan lebih dari 87% pelajar dan mahasiswa tidak sesuai dengan minatnya ketika mengambil jurusan di sekolah maupun perkuliahan.

Yap, salah satu proses masuk universitas yang paling banyak diminati adalah SBMPTN. Supaya tidak salah pilih jurusan, ada beberapa tips yang harus dilakukan sebelum mendaftar di SBMPTN 2019. Apa saja tipsnya? Pertama, kenali potensi diri yang dimiliki. Sebelum menentukan PTN dan jurusan kuliah yang kita inginkan, kita wajib mengenali potensi diri kita terlebih dahulu. Tujuannya supaya kita bisa mengetahui jurusan yang cocok.

Kedua, jangan memilih semua jurusan di satu universitas yang sama. Hal ini karena ada baiknya kalau tidak memilih jurusan di satu universitas yang sama. Kalau kita melakukannya, kemungkinan untuk lolos pun semakin menurun. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya menggabungkan bebrapa universitas lain sebagai pilihan.

Terakhir, tentukan PTN dan Program Studi yang sesuai. Ketika menentukan PTN dan program studi yang kita inginkan, kita perlu memperhitungkannya dengan minat beserta kemampuan hasil pre tes atau try out. Tujuannya supaya kita tetap lolos meski peminat jurusan yang kita inginkan bertambah. Kenali Potensi Diri, Jangan Salah Pilih Jurusan!

Sumber: IndonesiaBaik (Kemenkominfo RI)

  Komentar untuk Kenali Potensi Diri, Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!