Kemudahan Layanan Bagi TKI Melalui Jalur Resmi

26076 medium tki
AtmaGo Subang- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang, Asep Nuroni menekankan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan kerja ke luar negeri menggunakan jalur legal supaya terjamin rekomendasi kesehatannya, rekomendasi keterampilannya dan ketentuan lainnya. Kata dia di Subang sudah ada Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) di Disnakertrans Kab. Subang. Menurut data per tiga bulan terakhir rata-rata setiap bulannya 500 TKI menggunakan layanan LTSP.

Kata Asep dalam layanan tersebut memberikan layanan keperluan TKI mencakup 8 layanan diantaranya ialah Keperluan KTP, Catatan Kepolisian TKI (CKTKI), tes kesehatan, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), Pengurusan Paspor, rekomendasi TKI dan BPJS. Layanan tersebut melibatkan lintas instansi. “Jadi pengurusannya ada di sana semua. (Pengurusan) KTP di sana, (Ngurus) paspor juga di sana. Beda dengan sebelumnya,” ungkapnya disela-sela Kegiatan Safari Ramadhan di Subang, Senin (28/5/2018).

Kemudian dia mengungkapkan kesedihannya banyaknya TKI asal Subang yang meninggal Rata-rata ilegal. Kata Asep TKI ilegal itu biasanya ingin jalan pintas dengan tidak memperhatikan persyaratan yang harus dipenuhi. Ketika ditanyakan mengenai pelayanan birokrasi yang kurang, Asep mengatakan kurang mengetahuinya. Namun dia menekankan kepada TKI supaya menempuh jalur resmi dan memanfaatkan Layanan Satu Pintu yang kini sudah ada di Subang.

“(Oleh karena itu) Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan manfaatkan layanan satu pintu TKI, di Kantor Disnakertrans Kab. Subang,” katanya.

Layanan itu sudah lengkap, biaya murah dan terjamin akuntabilitasnya. “Layanan itu dibawah pengawasan berbagai lembaga hukum. Termasuk KPK,” pungkasnya.
Sudah dilihat 46 kali

Komentar