Kemenag Sulteng: berharap yang tidak puasa hormati yang berpuasa

6 May 2019, 03:24 WIB
1 0 65
Gambar untuk Kemenag Sulteng: berharap yang tidak puasa hormati yang berpuasa
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengahc mengimbau seluruh masyarakat dan pelaku usaha agar menghormati umat Islam yang menunaikan ibadah puasa selama Bulan Suci Ramadhan.

"Kepada para pemilik restauran, rumah makan, warung, cafe, kedai dan sejenisnya agar tidak membuka jualan/dagangannya di siang hari secara demonsratif,"kata Rusman Langke, Minggu (5/5).

Sebab kata dia, jika imbauan tersebut tidak diindahkan dapat menggangg kekhusyuan umat Islam yang tengah menunaikan ibadah puasa.

Selanjutnya dia mengimbau umat Islam agar menunaikan ibadah puasa dengan baik dan penuh perhitungan yakni puasa yang senantiasa dilandasi iman dan takwa serta selalu mengharapkan rida Allah SWT. Memperbanyak membaca Alquran, berzikir dan beri'tikaf.

"Makmurkanlah masjid dengan kegiatan-kegiatan ibadah salat wajid dan sunnah terutama salat sunnah malam Ramadan. Jagalah kenyamanan saat berada di masjid dengan menjaga lingkungan masjid,"ucapnya.

Berikutnya Rusman mengimbau para muballig dan muballigah agar menyampaikan pesan-pesan moral kepada masyarakat berdasarkan kitab suci Alquran dan sunnah Rasulullah SAW.

"Sampaikanlah ajaran Islam Wasathiyah sehingga menjadi siraman rohani yang menyejukkan. Hindarilah persoalan khilafiyah yang dapat memperkeruh perselisihan antar kelompok masyarakat serta terjemakanlah gagasan pembangunan melalui pintu dan bahasa agama,"imbaunya.

Kemudian ia meminta umat Islam di Sulteng agar menunaikan zakat, meningkatkan infaq dan sedekah melalui Badan Amil Zakat (BAZ) atau Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Unit Pengumpul Zakat (UPS) yang ada di kabupaten atau kota di Sulteng sebagai wujud pengamalan terhadap isi kandungan Alquran dan sunnah Rasulullah SAW.

Para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan seluruh komponen masyarakat juga ia imbau agar menciptakan situasi yang kondusif pasca pemilihan umum 2019 dan dalam rangka menjaga kekhusyuan antar umat beragama.

"Bagi non muslim agar menghormati yang berpuasa untuk menjaga stabilitas nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,"pintanya.

Sumber: AntaraSulteng

  Komentar untuk Kemenag Sulteng: berharap yang tidak puasa hormati yang berpuasa

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!