Kemarau Panjang, Lutung Jawa Muaragembong berkurang

15 September 2015, 23:01 WIB
304 0 213
Gambar untuk Kemarau Panjang, Lutung Jawa Muaragembong berkurang
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Kemarau panjang mulai menyebabkan kekeringan di berbagai daerah. Akibatnya, tak hanya sawah-sawah yang mengering dan terancam puso karena berdekatan dengan laut, sepanjang sungai dan muara di wilayah Kecamatan Muaragembong Bekasi kadar airnya menjadi sangat asin.
Hal tersebut juga berpengaruh pada populasi lutung Jawa di Kp. Muarabendera, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kab. Bekasi.
Dalam kurun waktu dua bulan ini, sudah dua ekor lutung yang mati akibat sungai dan muara di lokasi habitat tersebut kadarnya sudah sangat asin.
"Lutung mati akibat susah air untuk minum, air sungai sudah sangat asin. Jadi, kawanan lutung mencari air jauh meninggalkan habitatnya," ungkap Daman (33), relawan penjaga lutung di Muara Bendera, Rabu (2/9/2015).
Diceritakan Daman, sebelumnya jumlah lutung ada 47 ekor, kini tinggal 45 ekor. Dua ekor mati akibat insiden kemarau melanda. Saat ini kawanan lutung sulit mendapatkan air untuk minum. Terkadang dirinya bawa beberapa jerigen dari rumahnya ke lokasi habitat untuk di minum kawanan lutung tersebut.
"Saya selalu bawa beberapa jerigen air, habis itu saya taruh di wadah bak, agar lutung-lutung tersebut gampang minumnya,” tukas dia.
Lutung Jawa atau dengan nama latinnya tracypitacus auratius mauritius adalah salah satu satwa endemik dalam kategori terancam punah dan dilindungi oleh undang-undang. Populasinya harus terus dijaga agar jumlahnya bertahan.
"Saya berharap, ada solusi dari teman-teman yang peduli terhadap kelestarian lutung Jawa Muaragembong. Tidak terlepas, peran pemerintah juga harus ikut memikirkan hal ini,” pungkasnya.

  Komentar untuk Kemarau Panjang, Lutung Jawa Muaragembong berkurang

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!