Kemarau, Ketinggian Air di Bendung Katulampa Terus Menyusut

5 July 2019, 18:36 WIB
0 0 57
Gambar untuk Kemarau, Ketinggian Air di Bendung Katulampa Terus Menyusut
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TIMUR, AYOBOGOR.COM -- Musim kemarau yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya membuat ketinggian air sungai Ciliwung yang melewati pintu bendung Katulampa terus menyusut.

Pantauan ayobogor.com di pintu Katulampa, air mengalir normal menuju aliran irigasi atau kalibaru. Sementara aliran air yang menuju Ciliwung tampak terlihat namun sedikit.

Akibat surutnya ketinggian air itu membuat beton penahan laju air dan bebatuan di badan sungai ciliwung terlihat jelas dan bahkan sejumlah badan sungai ditumbuhi rerumputan hijau.

Kepala pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, debit air Sungai Ciliwung secara keseluruhan berada pada angka 2.500 liter per detik. Angka tersebut jauh berkurang yang pada musim hujan normalnya mencapai 20.000-40.000 liter per detik.

"Debit Katulampa ada penyusutan penurunan hari ini ada 2.500 liter per detik harapan mudah-mudahan ada hujan," ungkap Andi, Rabu (3/7/2019).

Dia mengatakan surutnya ketinggian sungai Ciliwung terlihat sejak pertengahan Juni. Akibat kondisi air yang menurun dapat membahayakan ekosistem yang ada di sepanjang aliran Ciliwung sehingga pihaknya memberlakukan sistem giring gilir yakni membagi debit air untuk dialirkan ke aliran ciliwung dan aliran irigasi.

"Kita gunakan sistem bergilir untuk sarana irigasi kita upayakan alirkan 2000 liter untuk ciliwung 100-200 liter tergantung aliran air, aliran irigasi ini biasanya digunakan untuk air baku PDAM. Untuk Ciliwung ini kita alirkan agar bisa melindungi ekosistem yang ada di sepanjang aliran sungai," jelas Andi.

Andi mengaku khawatir dengan kondisi air di Bendung Katulampa yang terus menyusut. Namun kondisi itu masih lebih baik ketimbang tahun sebelumnya.

"Sementara mengkawatirkan, tapi masih riskan tahun belakang sampai 1.500 liter per detik. Sekarang masih ada 25.000 (liter) tapi kalau belum ada hujan di kawasan hulu terutama di puncak ini, itu yang menjadi kekawatiran kami, air bisa susut terus," tukasnya.

  Komentar untuk Kemarau, Ketinggian Air di Bendung Katulampa Terus Menyusut

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!