Kelurahan Wirogunan Maju Tingkat Nasional Bidang KG PKK KKBPK-Kesehatan 2019

5 December 2019, 08:20 WIB
1 1 313
Gambar untuk Kelurahan Wirogunan Maju Tingkat Nasional Bidang KG PKK KKBPK-Kesehatan 2019
Tim penilai lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) tingkat DIY telah melakukan penilaian administrasi dan verifikasi lapangan di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Senin (18/11/2019). Hasil penilaian Timnjuri tersebut, menetapkan Kelurahan Wirogunan, yang mewakili Kota Yogyakarta sebagai Terbaik 1 dan mewakili DIY pada tingkat Nasional.

Sebelumnya dalam lomba tingkat Kota Yogyakarta telah dilaksanakan penilaian pada Rabu (28/9/2019), prestasi Kelurahan Wirogunan tahun 2019 dalam Lomba Bidang Kesehatan adalah (1) Terbaik 2 bidang Posyandu dan Posbindu; (2) Terbaik 3 bidang Pemanfaatan Toga dan asuhan mandiri; (3) Terbaik 3 bidang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS); (4) Terbaik 3 bidang Kelurahan Sehat; (5) Terbaik Harapan 1 bidang Gerakan Sayang Ibu dan IVA.

Sedangkan di tingkat DIY yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota telah dilaksanakan penilaian pada Senin (18/11/2019), prestasi yang diperoleh Kelurahan Wirogunan adalah (1) Terbaik 1 kategori KKG PKK KKB{K Kesehatan; (2) Terbaik 5 kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); (3) Terbaik 3 kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).
Semua prestasi tersebut, buah dari kerjasama, sinergisitas dan kerja keras dari masyarakat Wirogunan. Salah satu yang menjadi motivasi untuk terus berbuat terbaik adalah “Bersama Kita Bisa, Gotong Royong Modal Utama”.

Prestasi dalam bidang KKG PKK KKBPK Kesehatan tingkat DIY mengantarkan Kelurahan Wirogunan bersiap diri maju tingkat nasional. Penerimaan hadiah atas prestasi tersebut dilaksanakan Selasa (3/12/2019) di Sahud Raya Hotel Yogyakarta. Hadiah atas prestasi diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda DIY) Drs. Kadarmanto Baskoro Aji, MM, mewakili Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Ketua TP PKK Kel. Wirogunan, drh. Suparti Sukarno. Penerimaan hadiah juga bersamaan dengan penyerahan prestasi terbaik 2 dan terbaik 3, masing-masing diterima oleh TP PKK Desa Banguntapan, Bantul dan Desa Pakembinangun, Sleman.

Ketua TP PKK Wirogunan, Suparti Sukarno menyatakan prestasi terbaik ini adalah konsekwensi dari proses panjang yang tidak kenal lelah dari semua pihak, khususnya para kader PKK, masyarakat di locus kegiatan, yaitu Kampung Wirogunan RW 08, Kampung Bintaran sebagai kampung KP yang terdiri dari RW 01, RW 02 dan RW 03.. Semua pihak punya andil dan kontribusi terbaik dalam proses hingga meraih terbaik tingkat DIY. Selanjutnya, mempersiapkan diri menuju tingkat nasional.
“Hasil terbaik ini, sebagai pemicu dan penyemangat kita untuk terus berbuat terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat. Usaha kita semua, insyaAllah akan bernilai, bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat”, ujarnya.

Sementara Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami menuturkan bahwa di tahun 2019 Kelurahan Wirogunan banyak mendapatkan prestasi di tingkat Kota Yogyakarta maupun DIY. Semua prestasi tersebut membanggakan kita semua, dan menunjukkan masyarakat wirogunan terus memelihara kerjasama, dan kebersamaan antar warga, disamping sinergisitas antar lembaga, baik tingkat kelurahan maupun kampung dan RT RW. Namun demikian, juga tidak bisa dihindari adanya berbagai permasalahan, walaupun segera terselesaikan dengan cara kekeluargaan dengan semangat gotong royong.
“Prestasi ini, adalah prestasi semua masyarakat Wirogunan. Masih banyak hal yang terus akan kita lakukan untuk kemajuan kelurahan Wirogunan”, tuturnya.

Hasil apapun yang diraih adalah buah dari proses kerja keras, karena hasil tidak akan mengkhianati proses.(KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TPPKKWirogunan
#KampungKBBintaran
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  1 Komentar untuk Kelurahan Wirogunan Maju Tingkat Nasional Bidang KG PKK KKBPK-Kesehatan 2019

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020
  2. Muslimat NU Bersinergi Bersama OMS Bentuk Forum Serasi Madani

    Muslimat NU Kab Pekalongan  di  Kedungwuni, Pekalongan Kabupaten  |  29 Sep 2020
  3. FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 15
    Komentar

    Royongan Komposter

    Narumi Akana  di  Wonosobo  |  27 Sep 2020
  2. 5
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  3. 2
    Komentar

    Goes Anyer Lagundi 31 Oktober 2020

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Pasar Rebo, Jakarta Timur  |  27 Sep 2020
  4. 2
    Komentar

    Boomingkan Literasi, TBM AL-LATIF Berkolaborasi dengan KKN UIN SMH Banten 2020

    @leo_ikals  di  Mandalawangi, Pandeglang  |  28 Sep 2020