Kegiatan PIS PK Dusun Krekah

20 March 2019, 19:14
4 0 122
Gambar untuk Kegiatan PIS PK Dusun Krekah
Dibuang sayang, saya menemukan beberapa foto ini ketika berniat membersihkan galeri.
Bagaimana saya tidak tulis pengalaman saya ini, saya sangat bangga saat mengetahui dilibatkan dalam salah satu program keren dari pemerintah kita.

Kenapa saya bilang keren? Program Indonesia Sehat ini saya pandang sebagai upaya serius pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Lebih - lebih PIS PK ( Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ) ini , yang mana saya diberi kehormatan membantu Bu Fatima dan Bu Sri petugas dari Puskesmas Pandak I , untuk mendatangi warga di RT 04 dusun saya tercinta ,Krekah Gilangharjo Pandak Bantul.

Dengan program ini kami warga merasa pemerintah memperhatikan sungguh dalam berupaya mewujudkan warga memiliki keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat.
Saya ingat betul ,itu adalah beberapa hari di awal bulan Desember. Tetapi sampai hari kemarin tanggal 20 Maret 2019, program ini masih berlanjut di dusun lain di kelurahan kami.

Awalnya warga mengumpulkan foto kopi KK dan foto kopi KIS/ BPJS yang kami miliki di ketua RT masing-masing.
Lalu saya membantu para petugas kesehatan untuk menata foto kopian tersebut sesuai urutan warga mana dulu yang akan kami kunjungi.
Iya kami mendatangi satu per satu warga . Keren kan? Karena ini menunjukkan upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tanpa kami harus ke puskesmas kami mendapat pelayanan kesehatan.

Untuk saya pribadi ini kegiatan yang menyenangkan, karena saya bisa menyambangi tetangga dengan naik sepeda dalam kegiatan yang positif dan bermanfaat.

Di setiap keluarga yang kami datangi , saya melihat ibu-ibu petugas mengukur tekanan darah dan mengajukan beberapa pertanyaan , dan juga memeriksa jamban warga.

Pertanyaan - pertanyaan yang diajukan adalah mengacu kepada :
1. Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB).
2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan.
Dari kegiatan tersebut saya baru tahu kalau di puskesmas Pandak 1 ada senam hamil setiap hari Sabtu.
3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap.
4. Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif.
5.Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan. Beberapa kali di keluarga yang memiliki balita petugas menanyakan buka KMS mereka.
6. Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar. Selalu ditanyakan apakah ada anggota keluarga yang menderita batuk.
7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur. Dan hampir semua penderita hipertensi di RT kami tidak minum obat secara rutin. Jadi petugas memberikan rujukan untuk mereka memeriksakan diri ke puskesmas supaya mendapatkan obat . 8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan.
9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok. Tidak bosan - bosan Bu Fatimah dan Bu Sri menyampaikan pamflet tentang bahaya merokok . Walau saya tidak yakin warga yang menerima bersedia berhenti merokok , paling tidak informasi sudah disampaikan.
10. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
11.Keluarga mempunyai akses sarana air bersih. Warga ditanya apakah air sumur yang mereka gunakan berwarna , dan beberap tetangga saya yang sumber airnya berdekatan dengan kandang ternak mendapatkan pengarahan seperlunya.
12. Keluarga menggunakan jamban sehat. Bu Sri dengan menggunakan senter memeriksa jamban kami , memastikan tidak ada jentik disitu. Sebagian besar warga kami setelah gempa 2006 menggunakan ember sebagai tempat air mandi.

Demikian pengalaman saya membantu petugas Puskesmas dalam PIS PK. Kiranya bermanfaat untuk yang membacanya.
Salam sehat Indonesia!


#pispk

  Komentar untuk Kegiatan PIS PK Dusun Krekah

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!