KEGIATAN IN 3 DESIMINASI BEST PRACTICE SPMI SEKOLAH MODEL DAN IMBAS DI SEKOLAH MODEL SMPN 1 BATUKLIA

7 December 2019, 12:08 WIB
3 3 471
Gambar untuk KEGIATAN IN 3 DESIMINASI BEST PRACTICE SPMI SEKOLAH MODEL DAN IMBAS DI SEKOLAH MODEL SMPN 1 BATUKLIA
Mantang, 7 November 2019
Sebagai kelanjutan siklus SPMI, hari ini di sekolah model SMPN 1 Batukliang berlangsung In 3 yang diisi dengan presentasi Best Praktice oleh setiap sekolah imbas dan sekolah model. In 3 ini merupakan siklus akhir dari kegiatan Bimtek SPMI tahun 2019 seperti yang disampaikan oleh Kepala sekolah model Bapak Ahmad Yani, S.Pd

Pada kegiatan In 3 ini, masing- masing sekolah imbas diberi kesempatan untuk mempresentasikan laporan Best Practice yang telah dilaksanakan di sekolah masing-masing. Sekolah imbas yang ikut pada Bimtek SPMI tahun 2019 diantaranya; SMPN 2 Batukliang, SMPN 3 Batukliang, SMPN 4 Batukliang, SMPN 5 Batukliang dan SMPN Satap 1 Batukliang.

Best practice merupakan strategi inovatif yang memiliki tujuan untuk meningkatkan Standar Nasional Pendidikan yang belum dicapai di sekolah masing-masing. Presentasi Best Practice masing-masing diberi waktu 15 menit dan setelah presentasi, peserta lain diberikan waktu 10 menit untuk memberi tanggapan terkait dengan masalah yang diangkat dalam Best Practice.

Bapak Fasda dalam hal ini H. Mujiman, M.Pd memberikan rambu-rambu didalam memberikan tanggapan terhadap presentasi dengan cara santun dan kalaupun ada kritikan tapi kritikan yang bersifat membangun. Dalam kesempatan ini beliau juga menambahkan beberapa hal terkait dengan komponen komponen yang ada pada laporan Best Practice.

Komponen- komponen penting yang dimaksud diantaranya; Judul Best Practice, Latar Belakang, Menganalis masalah, Menemukan masalah, Pendekatan pemecahan masalah, Pelaksanaan kegiatan dan Hasil yang diperoleh, Kesimpulan dan Saran, dan komponen terakhir adalah Daftar Pustaka.

Selanjutnya kegiatan presentasi Best Practice dimulai tepat pada pukul jam 10. 30 dan diawali oleh Kepala sekolah SMPN 4 Batukliang tapi diwakili oleh wakasek urusan kurikulum Bapak Zaenudin Efendi, S.Pd. Judul laporan best practicenya adalah Supervisi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMPN 4 Batukliang.

Pada giliran ke 2 kepala sekolah Satap 1 Batukliang mengambil kesempatan untuk mempresentasikan laporan best practice dengan judul "Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Di SMPN Satap 1 Batukliang Melalui Kemitraan (Partnership) Tahun Pelajaran 2019.

Berawal dari analisis kepala sekolah ada beberapa permasalahan yang ditemukan di SMPN Satap 1 Batukliang diantaranya; ada 50% dari 10 orang guru memiliki kemampuan akademik lemah, ada 70% dari 10 guru memiliki motivasi yang rendah dalam peningkatan kualitas pembelajaran, dan sekitar 70% dari 10 orang guru yang kurang berinyeraksi dan berkomunikasi dengan kepala sekolah karena faktor utama yang melatari kurang komunakasi tersebut adalah guru-guru masih merasa takut dikritisi tentang kekeliruan-kekeliruan yang dilakukan oleh para guru dalam proses pembelajaran. Kepala sekolah mungkin harus mencari strategi komunikasi terhadap guru-guru sehingga terbangun komunikasi dan interaksi dua arah yang nyaman dan terbuka.

Berdasarakan permasalahan-permasalahan tersebut di atas penulis sekaligus kepala sekolah menyimpulkan bahwa hal tersebut terjadi karena pendekatan komonukasi yang belum tepat. Oleh karena itu berdasarkan prngalaman empiris yang kepala sekolah miliki selama menjadi guru inti dan pendamping Kurikulum 2013, maka untuk mengatasi masalah yang dituangkan dalam rumusan masalah maka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMPN Satap 1 Batukliang dilakukan melalui pendekatan kemitraan (Partnership).

Kepala sekolah berasumsi bahwa dari berbagai sumber masalah yang terjadi di SMPN Satap 1 Batukliang pada dasarnya dapat diselesaikan dengan jika terjalin komunikasi dan hubungan kerjasama yang erat antara pihak guru dan kepala sekolah serta semua stakeholder di sekolah. Jika komunikasi dan hubungan interpersonal dapat terjalin dengan baik maka kepercayaan diri dengan sendirinya akan muncul sehingga informasi atau pesanyang ingin disampaikan oleh kepala sekolah dapat diterima dan dilaksanakan dengan baik.

Menutut Widodo (2002; 441) menjelaskan secara etimologi kata kemitraan berasal dari kata "mitra" yang artinya pasangan kerja atau partner usaha. Kemitraan atau parnership pada dasarnya dikenal dengan istilah perkongsian di mana dua pihak atau lebih membentuk suatu ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan dan rasa saling membutuhkan dalam rangka meningkatan kapabilitas disuatu bidang tertentu dalam rangka memperoleh hasil yang baik.

Presentasi menjadi sangat hangat pada waktu tanggapan, dan sesi ini dapat menambah wawasan peserta karena terjadi tukar pikiran atau share knowledge. Salah seorang ahli pendidikan mengatakan bahwa apabila terjadi intraksi 2 arah saja mala disitu terjadi proses pembelajaran.

Demikian hasil presentasi SMPN Satap 1 Batukliang semoga bermanfaat. Presentasi berlanjut ke sekolah imbah lain dan pada ptesentasi pamungkas adalah sekolah model SMPN 1 Batukliang dengan judul "Laskar Literasi Di SMPN 1 Batukliang" . Konsep best practice ini pada intinya bagaimana literasi di SMPN 1 Batukliang dilaksanakan melalui pembiasaan.

  3 Komentar untuk KEGIATAN IN 3 DESIMINASI BEST PRACTICE SPMI SEKOLAH MODEL DAN IMBAS DI SEKOLAH MODEL SMPN 1 BATUKLIA

Tulis komentarmu...

narma

ampure pak siq tg Paran leq SD doang, heee... MasyaAllah, 👏👏🙏🙏

narma

jadi Deg-degan kedepannya gilirn persentasi SDN 2 Mantang Krisannya? Ampure Pk Guru, kalau boleh tahu Siapa nama Kepsek SMPN Satap 🤫🤭🙏 n SMPN 1 Batukliang?🙏

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Penyebaran Covid-19 di Ruang Tertutup

    Nawir Sikki  di  Manggala, Makassar  |  4 Aug 2020
  2. GELIAT BANK SAMPAH PUTRI MANDIRI DIMASA PANDEMI

    Indah wahyuni  di  Kebomas, Gresik  |  4 Aug 2020
  3. Urgensi INPRES No. 6 Tahun 2020, Diketahui Warga…!!

    Nawir Sikki  di  Manggala, Makassar  |  6 Aug 2020
  4. INOVASI IBU IBU PKK RT.43 RW.09 KRICAK KIDUL YOGYAKARTA

    mas Har  di  Tegalrejo, Yogyakarta  |  3 Aug 2020

Komentar Terbanyak

  1. 56
    Komentar

    GELIAT BANK SAMPAH PUTRI MANDIRI DIMASA PANDEMI

    Indah wahyuni  di  Kebomas, Gresik  |  4 Aug 2020
  2. 25
    Komentar

    Mendampingi Desa dalam Aksi Melawan Covid-19

    bayu permana  di  Parungkuda, Sukabumi Kabupaten  |  4 Aug 2020
  3. 17
    Komentar

    Kolaborasi Kuliner di Era Pandemi

    Narumi Akana  di  Wonosobo, Wonosobo  |  4 Aug 2020
  4. 16
    Komentar

    PENDEKAR WARAS, PENYAMBUNG TANGAN PEMKOT MADIUN ATASI COVID-19

    Dhevi Citra  di  Manguharjo, Madiun Kota  |  4 Aug 2020