Kecamatan Mustikajaya Sukses Gelar Festival Adu Bedug dan Dondang

28207 medium festival bedug dan dondang kota bekasi 20180714 205657 28208 medium kegiatan festival adu bedug dan dondang kecamatan mustikajaya kota bekasi 20180714 155240
Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi menggelar festival bertajuk Adu Bedug dan Dondang, di Lapangan Mini, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Sabtu, (14/7/2018).

Kegiatan rutin tahunan itu merupakan kegiatan kebudayaan khas Kota Bekasi yang telah lama ada. Tahun ini, kegiatan tersebut genap diselenggarakan untuk ke 13 kalinya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi Ahmad Zarkasih mengatakan, kebudayaan Dondang merupakan budaya khas warga Bekasi sejak turun temurun.

Kebudaayaan khas Betawi itu mulanya merupakan budaya seserahan seseorang kepada orang tua atau orang yang lebih tua sebagai tanda rasa hormat ketika hendak bersilaturahmi.

Namun, budaya seserahan dondang juga biasa digunakan ketika memberikan seserahan pada pesta pernikahan dari mempelai pria kepada mempelai wanita.

"Artinya dondang itu adalah bawaan warga bekasi dulu kalau dia mau nyorog (seserahan), nyorog ini artinya dia bisa nyorog ke orang tua, mertua, besannya, kalau adu bedug itu memang kebudayaan kita orang Indonesia," kata Zarkasih kepada TribunJakarta.com.

Festival Adu Bedug dan Dondang Kecamatan Mustikajaya digelar dengan menampilkan hiasan dondang berisi aneka makanan dan sayuran seperti pisang, buah, ditambah iringan bedug yang mengiri selama festival berlangsung.

Festival tersebut diikuti empat Kelurahan yang ada di Kecamatan Mustikajaya. Masing-masing Kelurahan menamlikkan stand atau both nya di acara festival tersebut dengan hiasa khas rumah betawi lengkap dengan sepasang penganting Betawi sebagai simbol acara seserahan dondang.
Sudah dilihat 53 kali

Komentar