Kecamatan Limo Akan Kembangkan Wisata Sungai Pesanggrahan

29804 medium camat limo%28diskominfo%29
Kecamatan Limo berencana untuk mengembangkan satu destinasi wisata air di wilayahnya. Destinasi tersebut ialah wisata air Sungai Pesanggrahan yang melintasi Kelurahan Meruyung di Kecamatan Limo.

Camat Limo, Herry Restu Gumelar mengatakan, pihaknya akan menjadikan Sungai Pesanggrahan sebagai destinasi wisata alam yang berbasis pada pelestarian lingkungan. Dengan memberdayakan keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM), potensi wisata air tersebut akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kecamatan Limo.

“Ini upaya memunculkan potensi lokal suatu wilayah. Kelurahan Meruyung memiliki SDM yang mumpuni untuk dapat mengembangkan suatu wisata di daerahnya,” ujar Herry kepada depok.go.id, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucapnya, rencananya wisata Sungai Pesanggrahan akan ditanami tanaman produktif seperti buah buni dan jamblang. Bukan hanya itu, aliran airnya juga akan dijadikan tempat pembibitan ikan lele sangkuriang.

Sementara itu, Lurah Meruyung, Raden Galih Purnama menuturkan, beberapa waktu yang lalu, pihaknya sempat membahas upaya penghijauan dan penanganan situs yang sudah ada di Sungai Pesanggrahan bagian hulu. Sejak itu, pihaknya mengetahui Pesanggrahan merupakan sungai purba yang bersejarah.

“Kami diskusi dengan Chaerudin alias Bang Idin yang berhasil menghijaukan kembali bantaran Sungai Pesanggrahan di kawasan Karang Tengah, Jakarta Selatan. Kami membahas ada Situs Batu Payung, Batu Tapak dan makam-makam tua yang ada di bagian hulu Sungai Pesanggrahan daerah Meruyung Kecamatan Limo, Kota Depok, yang harus segera diberikan perhatian,” terangnya.

Dirinya menambahkan, pengembangan wisata di Limo ini bersumber dari swadaya masyarakat. Selain itu, pihaknya juga akan berkoodinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok untuk langkah selanjutnya.

Sumber: Diskominfo
Foto: Diskominfo
Sudah dilihat 21 kali

Komentar