Kebiasaan buruk orang Indonesia Oleh:Qurrotul ’Ain

0 0 69
Kalian pernah nggak sih sebel dengan beberapa kebiasaan buruk orang-orang di sekitar dan kamu mendapat imbasnya langsung? Atau justru kamulah aktor kebiasaan buruk yang membuat jengkel orang lain? Nah, sebagai berikut ini merupakan empat kebiasaan buruk yang terkadang masih dilakukan oleh orang Indonesia.
1. Terlambat
Terlambat sudah menjadi kebiasaan buruk orang Indonesia. Atau biasanya disebut dengan jam karet (molor) jika ada sebuah janji atau pertemuan. Entah apa yang mendasari mereka setiap kali ada pertemuan atau telah membuat janji selalu molor dari jam yang telah disepakati tanpa ada alasan jelas.Terkadang juga mengirim pesan singkat kalau mereka akan terlambat. Apa pun yang membuat mendasari keterlambatannya, hampir di setiap pertemuan ataupun making appointment selalu ada yang terlambat. Apakah kamu suka sebel nggak sih kalau seperti itu? Atau justru kamu aktor jam karet itu?
2. Tidak menaati peraturan rambu lalu lintas
Banyak sekali gambar ataupun poster yang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih kurang dalam kesadaran berlalu lintas. Banyak sekali kejadian sekitar yang bisa kita lihat seperti berkendara motor tanpa memakai helm dengan alasan yang sangat umum. Di antaranya karena mereka mengatakan dekat atau bahkan mereka dengan santai mengatakan jika nggak ada polisi jadi nggak pakai helm.Terlebih lagi ada yang tak segan untuk menerobos lampu lalu lintas yang sedang menyala merah. Hal tersebut tentu sangat membahayakan diri mereka dan pengendara montor lainnya. Pokoknya dengan alasan apa pun, melanggar peraturan lalu lintas adalah perbuatan yang salah. Perbuatan yang bukan saja merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain yang bisa mendapat imbas dari ketidak disiplinan kita.
3. Forum dalam forum
Ini,merupakan kegiatan di mana dalam suatu forum kita justru asyik sendiri dengan membicarakan topik yang lain. Bukannya mendengarkan orang yang sedang berbicara, kita malah asyik ngobrol sendiri serta tidak bisa berpendapat dan memberikan usul atau saran agar permasalahan yang sedang dihadapi mendapat jalan keluar. Sangat disayangkan lagi jika pelaku forum di dalam forum ini adalah anak muda yang lebih mementingkan gadget daripada permasalahan yang sedang terjadi secara langsung didepan matanya dan membutuhkan tindakan nyata.
4. Membuang sampah sembarangani
Sangat miris sekali melihat laut,sungai bahkan,kali Indonesia yang tercemar karena banyak sampah di dalamnya. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menyebutkan bahwa 70% ikan di Indonesia mengandung microplastic. Siapakah yang akan bertanggung jawab akan hal ini? Apakah masih mau bilang itu kesalahan pemerintah?Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan membuang sampah sembarangan sangat melekat pada diri masyarakat Indonesia. Terbukti menurut data Kompas.com bahwa Indonesia menempati posisi kedua soal negara dengan sampah terbesar di dunia setelah Tiongkok.Masyarakat Indonesia mengetahui jika negaranya sedang darurat sampah, akan tetapi mereka masih belum menyadari bahwa sampah yang menggunung membawa dampak buruk bagi berlangsungnya kehidupan dan masih tetap membuang sampah sembarangan. Mereka berpikir kalau sampah yang berserakan itu adalah tugas para penyapu jalanan dan pemerintah. Memang benar sampah yang menumpuk adalah tugas dari pemerintah untuk mengatasinya, tetapi pemerintah juga membutuhkan warganya untuk mendukung program kebersihan lingkungan, terutama lingkungan sekitar yang berdampak langsung kepada penghuni lingkungan tersebut.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Lowongan Karyawati Staff Packing dan Admin Jakarta

    Gibran Waluyo  di  Grogol Petamburan, Jakarta Barat  |  11 Jan 2021
  2. Kurir J&T Surabaya

    Gibran Waluyo  di  Surabaya  |  13 Jan 2021
  3. Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  4. Jejak Petualang Trans 7 : Casting Host JP Trans 7

    Radiansyah  di  Jakarta Barat  |  9 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  2. 2
    Komentar

    Jejak Petualang Trans 7 : Casting Host JP Trans 7

    Radiansyah  di  Jakarta Barat  |  9 Jan 2021
  3. 2
    Komentar

    Lowongan Karyawati Staff Packing dan Admin Jakarta

    Gibran Waluyo  di  Grogol Petamburan, Jakarta Barat  |  11 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    Kurir J&T Surabaya

    Gibran Waluyo  di  Surabaya  |  13 Jan 2021