Kebersihan Lingkungan cerminan dari Kesehatan

2 April 2019, 12:07 WIB
5 0 45
Gambar untuk Kebersihan Lingkungan cerminan dari Kesehatan
Sudah beberapa hari ini Kota Palu diguyur hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi, akibat sejumlah drainase meluap dan merendam beberapa ruas jalan serta pemukiman masyarakat. Air luapan drainase membawa kotoran seperti sampah dan material tanah yang bercampur dengan air. Hal ini pun daoat menimbulkan gejalah baru, salah satunya penyakit.

Plt Kadis Kesehatan kota Palu, dr Husaema mengatakan, di musim panca roba, ternyata berpengaru juga pada kesehatan masyarakat. Virus penyakit akan menyerang masyarakat saat kondisi fisik melemah, terutama di saat musim yang berubah-ubah seperti saat ini di Kota Palu.

Untuk mengantisipasi semua itu, kata Plt Kadis, masyarakat diimbau tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Karena kebersihan lingkungan juga lanjut dr Husaema, dapat menghindarkan masyarakat dari serangan virus penyakit.

“Musim hujan bukan penyebab utama manusia diserang penyakit, semua tergantung pada lingkungan dan perilaku masyarakat untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih saat dan sesudah terjadinya hujan. Kalau masyarakat memelihara kebersihan akan terhindar dari penyakit, namun kalau tidak bahaya penyakit seperti diare dan ispa bisa menyerang masyarakat,” jelasnya.

Kebersihan lingkungan menurut Plt Kadis, merupakan cerminan cara hidup sehat masyarakat. Membuang sampah pada tempatnya merupakan kebiasaan kecil namun berdampak besar pada lingkungan. Karenanya dr Husaen berharap masyarakat kota Palu bisa menjaga lingkungan mulai sekarang, sebagai salah satu langkah hidup.
“Lingkungan bersih cerminan jiwa yang bersih,” pungkasnya.

Sumber: RadarSulteng

  Komentar untuk Kebersihan Lingkungan cerminan dari Kesehatan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!