Kawasan Kumuh Di Kota Bekasi Tahun 2019 Bakal Kena Penataan

22 July 2019, 09:36 WIB
4 0 40
Gambar untuk Kawasan Kumuh Di Kota Bekasi Tahun 2019 Bakal Kena Penataan
kawasan kumuh di Kota Bekasi secara bertahap akan kena penataan pada 2019, rencanannya 14 kelurahan menjadi target penataan. Sebelumnya diketahui sebanyak 329 hektar wilayah Kota Bekasi masuk kawasan kumuh. Recanannya, baru 111,17 hektare di antaranya akan ditata tahun ini.
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, mengatakan, penataan kawasan kumuh secara bertahap dilakukam pada 2019.
"Tahun ini anggaran yang disiapkan sekitar 14 miliar untuk penataan, namun dari keseluruhan lahan kawasan kumuh baru bisa ditata sekitar 111,17 hektare," kata Luthfi, Minggu (21/7).
Adapun 14 kelurahan yakni Kaliabang Tengah, Teluk Pucung, Bekasi Jaya, Aren Jaya, Kayuringin, Pekayon Jaya, Bekasi Barat, Kranji, Jakasampurna, Pondokgede, Jatibening, Jatibening Baru, Rawalumbu, Bojongmenteng, Sepanjang Jaya, Pondokmelati, Jatimelati, dan Jatirahayu. Untuk dana sekitar Rp1 miliar akan diberikan pada masing-masing kelurahan.
Menurutnya penataan kawasan kumuh sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Dalam aturan itu tertulis bahwa pemerintah akan menata kawasan pemukiman, hingga pemeliharaan dan perbaikan, serta pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh, penyediaan tanah, pendanaan dan sistem pembiayaan, serta peran masyarakat. Adapun, enam indikator dalam Program Karya Bhakti penataan kawasan kumuh saat ini di antaranya adalah penataan jalan lingkungan, penataan drainase lingkungan, peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, pembuatan sumur resapan, pembuatan sanitasi kamar mandi dan septik tank dan pembuatan tempat pembuangan sampah

selengkapnya:
Media Indonesia

  Komentar untuk Kawasan Kumuh Di Kota Bekasi Tahun 2019 Bakal Kena Penataan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!