Kasus Meningkat, Bekasi Siap Siaga DBD

29 January 2019, 0:22
1 0 90
Gambar untuk Kasus Meningkat, Bekasi Siap Siaga DBD
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dezi Syukrawati mengatakan, pihaknya menyatakan siap siaga terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD) di Kota Bekasi. Dezi mengatakan, kasus DBD di Kota Bekasi, meningkat pada Januari 2019.

"Melihat tren kasus DBD di Kota Bekasi kita siap siaga," kata Dezi saat dikonfirmasi, Senin (28/1/2019). Adapun terdapat 75 kasus DBD di Kota Bekasi pada Januari 2019. Hal itu meningkat dibanding pada Januari 2018 yakni, 49 kasus. Selain itu, untuk pasien DBD di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi saja mengalami peningkatan pada tiga bulan terakhir.

Dengan tren peningkatan kasus DBD di Kota Bekasi saat ini, Dezi menambahkan, setidaknya pihaknya akan selalu waspada terhadap DBD hingga musim hujan berakhir pada periode Maret-April. Kewaspadaan itu tentunya dilakukan Dinkes Kota Bekasi dengan meningkatkan pencegahan dan penindakan terhadap DBD. Seperti, meningkatkan sosialisasi dan penyuluhan bahaya DBD serta cara pencegahan penyakit DBD kepada masyarakat.

Sementara itu, wilayah Jakarta masuk dalam kategori waspada kejadian luar biasa (KLB) DBD pada Februari dan Maret 2019 ini. Peningkatan curah hujan dan perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap perkembangan Aedes aegypti, nyamuk yang dapat menularkan virus dengue dan menyebabkan penyakit DBD. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI, sepanjang 2018 terjadi 3.362 kasus DBD dengan satu kematian. Pada Januari 2019 ini, tercatat sudah ada 111 kasus DBD. [Kompas]

  Komentar untuk Kasus Meningkat, Bekasi Siap Siaga DBD

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!