KARTINI, SIAP DENGAN SEGALA PERUBAHAN TANPA MERUBAH KODRAT (Perayaan Hari Kartini di Kantor Bupati L

22 April 2019, 11:53 WIB
3 0 138
Gambar untuk KARTINI, SIAP DENGAN SEGALA PERUBAHAN TANPA MERUBAH KODRAT (Perayaan Hari Kartini di Kantor Bupati L
“Kartini tak sebatas kebaya dan seremoni. Kartini adalah hak perempuan, perjuangan kesetaraan gender dan nasionalisme Indonesia di akhir abad ke 19. W.R Supratman ada benarnya ketika menyebut Kartini sebagai pendekar kaumnya. Seorang pendekar tak selamanya memenangi perkelahian, namun ia juga bergulat dengan pemikiran dan terseok-seok antara dunia ide dan kenyataan”. (Arif Zulkifli dalam Gelap Terang Hidup Kartini)

Hari ini, senin 22 april 2019, di halaman kantor bupati kabupaten Lombok Tengah, dimeriahkan dengan perempuan-perempuan berkebaya anggun. Hari ini adalah pelaksanaan perayaan hari Kartini yang digagas oleh Ibu Hj. Irma Suhaili (Ketua dharmawanita kabupaten Lombok tengah). Dalam amanat upacara yang beliau sampaikan, beliau mengupas tentang nilai-nilai yang bisa diteladani dari Ibu Kartini oleh seorang wanita dalam menjalankan peran sebagai Kartini bagi lingkungannya.

Beliau mengajak untuk mengambil pelajaran dari kecemerlangan berpikirnya, mendobrak belenggu keterbelakangan akibat kolonialisme. Beliau menegaskan bahwa kaum wanita memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya dalam kehidupan keluarga namun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya saat ini wanita telah banyak menempati posisi-posisi penting dan trategis baik dibidang pemerintahan maupun sektor-sektor lainnya, tidak ada halangan lagi bagi wanita untuk berperestasi dan mengejar impiannya sebab wanita memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria. Dengan kata lain tidak ada alasan lagi bagi kaum wanita untuk mundur, namun demikian kaum wanita tidak bisa melepaskan diri dari kodratnya.

Pada kesempatan yang tidak hanya menghadirkan kaum perempuan itu, ibu Hj. Irma mengingatkan bahwa kita tidak boleh memandang prestasi wanita secara pincang, yang diukur dari kemampuannya berkarier diluar rumah saja, karena sejatinya menjadi wanita adalah pemberian dari Allah yang Maha Rahim dan berkarier didalam rumah menjadi ibu rumah tangga yang baik juga merupakan prestasi yang harus dihormati.

“Wanita-wanita Lombok tengah adalah wanita-wanita tangguh yang siap dengan segala perubahan tanpa harus merubah kondratnya yang merupakan pemberian tuhan yang maha pemurah”, begitu kalimat pamungkas beliau dalam membacakan amanat Pembina upacara kali ini.

Pada acara tambahan kali ini, dharmawanita kabupaten Lombok tengah memberikan penghargaan kepada enam orang perempuan tangguh Lombok tengah. Enam perempuan ini terdiri dari, dua perempuan marbot masjid, dua perempuan petugas kebersihan dan dua perempuan yang berprofesi sebagai ojek wanita. Begitulah Lombok tengah menghargai perempuan-perempuan penerus semangat kartini.

Akhir kata, semoga perempuan-perempuan Indonesia bisa meneruskan semangat Ibu Kartini dalam mengepakkan sayap setinggi-tingginya, meraih impian dan menebarkan kebaikan ke seluruh persada. Sebab Ibu Kartini dianugerahi umur kehidupan yang cukup singkat, namun umur gagasan-gagasan progresifnya, sungguh panjang nian hingga akhir masa.
Aamiin…

  Komentar untuk KARTINI, SIAP DENGAN SEGALA PERUBAHAN TANPA MERUBAH KODRAT (Perayaan Hari Kartini di Kantor Bupati L

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!