Kapodi Profesi FK UII : Sumpah Dokter Titik Awal Menjalankan Tugas Hakiki

9 September 2019, 11:20 WIB
1 0 357
Gambar untuk Kapodi Profesi FK UII : Sumpah Dokter Titik Awal Menjalankan Tugas Hakiki
Caption : Para dokter baru FK UII berfoto bersama dalam acara Pelantikan dan Sumpah Dokter Periode XLIV Tahun 2019 (Foto : Wibowo)

Kaliurang (UII News) - Pada hari ini Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia meluluskan 25 dokter baru. Sampai saat ini Fakultas kedokteran UII telah meluluskan 1605 dokter. Sumpah dokter menjadi titik awal untuk menjalankan tugas hakiki seorang dokter, yaitu mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat luas. Menjadi dokter pada hakikatnya adalah bentuk pengabdian kepada Allah SWT melalui profesi. Seorang dokter muslim meyakini bahwa Allah SWT adalah Yang Maha Menyembuhkan, seorang dokter hanyalah berusaha berikhtiar mencari pengobatan yang tepat sesuai dengan bukti-bukti ilmiah. Hal ini sesuai dengan Al Quran surat Asy Syu’aro (26) ayat 80: Fa idza maridhtu, fahuwa yasyfiin (artinya: Apabila aku sakit maka Dialah Allah Yang Maha Menyembuhkan).
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, dr. Ana Fauziyati, M.Sc., Sp.PD pada acara Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru FK UII yang diselenggarakan pada hari Kamis, 27 Rabiul Akhir 1440 H / 03 Januari 2019 bertempat di auditorium KHA. Kahar Muzakir, Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta.

Menurut dokter Ana Fauziyati bahwa seorang dokter juga wajib mengembangkan ilmu yang dimiliki, menjadi seorang pembelajar hingga akhir hayat. Menjadi seorang dokter pada saat ini, tidak hanya bergerak dalam bidang kuratif, tetapi justru harus mengembangkan aspek promotif dan preventif, sebagaimana pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

“Perubahan gaya hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif bila berhasil akan bisa menekan biaya kesehatan yang sangat besar saat ini”, pesan Kaprodi Profesi FK UII, dr. Ana Fauziyati, M.Sc., Sp.PD

Senada dengan Kaprodi Profesi FK UII, selaku Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK berpesan juga kepada dokter baru FK UII bahwa perilaku dokter di masyarakat akan selalu disorot, baik yang berhubungan dengan profesinya maupun akhlak keseharian.

“Islam mengatur kita untuk berbuat baik kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja dan kepada Pasien, keluarga pasien, masyarakat/umat. Kompetensi komunikasi, memiliki empati dan kepedulian akan membantu membentuk akhlak dokter muslim”, pesan Dekan FK UII.



Sementara itu Rektor UII, Fathul Wachid, ST., M.Si., Ph.D sejalan dengan tekat Fakultas Kedokteran UII untuk menghasilkan Good Muslim Doctors, tentunya banyak harapan tersemat di pundak para dokter baru.


“kami berharap kepada Saudara jadilah dokter muslim yang memiliki kompetensi keilmuan yang luas, pemahaman keislaman yang dalam, dan profesionalisme yang tinggi serta teruslah mengasah diri dan tidak mengenal puas dalam belajar. Karena hanya mereka yang dapat mengimbangi perkembanganlah yang dapat terus menjaga relevansinya di tengah-tengah zaman dan masyarakatnya”, demikian pesan Rektor UII kepada dokter baru FK UII.

  Komentar untuk Kapodi Profesi FK UII : Sumpah Dokter Titik Awal Menjalankan Tugas Hakiki

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  3. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  4. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    PT Chandra Asri Dukung Penerapan Aspal Plastik Di Semarang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Semarang Kota  |  22 May 2020